Analisis kemampuan representasi gerak lurus peserta didik SMA di Kota Pontianak

Authors

  • Desy Indah Sari Tanjungpura University
  • Judyanto Sirait Tanjungpura University
  • Ray Cinthya Habellia Tanjungpura University

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5606

Keywords:

analisis, kemampuan representasi, gerak lurus

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan representasi peserta didik SMA di Kota Pontianak pada materi Gerak Lurus. Sampel dalam penelitian ini berasal dari 2 SMA negeri dan 2 SMA swasta di Kota Pontianak dengan jumlah 339 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Tes yang digunakan yaitu instrumen tes kemampuan representasi fisika pada materi Kinematika Gerak Lurus yang dikembangkan oleh Ceuppens et al (2018) sebanyak 16 butir. Kemampuan representasi peserta didik diperoleh dari data jawaban tes yang dianalisis dengan menggunakan teknik penskoran yakni skor 1 untuk jawaban benar dan skor 0 untuk jawaban salah yang kemudian dikategorikan ke dalam 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan representasi gerak lurus peserta didik SMA di Kota Pontianak secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan nilai rata−rata 65,81. Nilai rata−rata kemampuan representasi peserta didik pada setiap bentuk representasi juga berada pada kategori sedang, yakni representasi tabel ke grafik (T−G) 71,16, grafik ke tabel (G−T) 76,03, grafik ke persamaan matematis (G−M) 58,99, serta persamaan matematis ke grafik (M−G) 57,07. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematis menjadi bentuk representasi yang nilai rata−ratanya paling rendah. Maka dari itu, diharapkan guru dapat menggunakan strategi pembelajaran berbasis representasi dalam pembelajaran fisika agar kemampuan representasi peserta didik dapat terlatih dengan baik terkhususnya kemampuan representasi matematis guna meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmam, A., Anshari, R., Amir, H., Jalinus, N., & Amran, A. (2018). Influence of Learning Strategy of Cognitive Conflict on Student Misconception in Computational Physics Course. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012074.

Anastasiadou, S., & Gagatsis, A. (2020). Students ’ Representations Of Linear Motion Students.

Aryani, V., Sirait, J., & Hamdani. (2022). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 9 Pontianak. 6(3), 520–527. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.518.

Asiska, A. D. W., Mahardika, I. K., & Bektiarso, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Gambar Dan Matematis Materi Gerak Lurus Pada Siswa SMA di Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(3), 90. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i3.25324.

Beichner, R. J. (1994). Testing Student Interpretation Of Kinematics Graphs. American Journal of Physics, 62(8), 750–762. https://doi.org/10.1119/1.17449.

Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

Ceuppens, S., Deprez, J., Dehaene, W., & De Cock, M. (2018). Design and Validation Of A Test For Representational Fluency Of 9th Grade Students In Physics And Mathematics: The Case of Linear Functions. Physical Review Physics Education Research, 14(2), 20105. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.14.020105.

De Cock, M. (2012). Representation Use and Strategy Choice in Physics Problem Solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.020117.

Handhika, J., Istiantara, D. T., & Astuti, S. W. (2019). Using Graphical Presentation to Reveals the Student’s Conception of Kinematics. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032064.

Hasanah, N., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2020). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gelombang Mekanik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 624. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13481.

Ibrahim, B., & Rebello, N. S. (2012). Representational Task Formats and Problem Solving Strategies in Kinematics and Work. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1). https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010126.

Khaerudin. (2016). Teknik Penskoran Tes Obyektif Model Pilihan Ganda Khaerudin1. Madaniyah, 2, 183–200.

Kindersley, D. (2017). Science Year by Year. London: DK Publishing.

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23.

Novita, A. F., & Supriyono. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Surabaya Pada Materi Pokok Fluida Statik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(03), 112–116. https://doi.org/10.26740/ipf.v4n3.p%25p.

Nugraha, A., Saehana, S., & Darsikin. (2016). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Grafik Kinematika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 77–88. https://doi.org/10.36706/jipf.v4i1.4294.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Sleman: Deepublish.

Prakoso, B. E., Djudin, T., & Hamdani. (2017). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(6), 1–13.

Rosengrant, D., Etkina, E., & Van Heuvelen, A. (2007). An overview Of Recent Research On Multiple Representations. AIP Conference Proceedings, 883, 149–152. https://doi.org/10.1063/1.2508714.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, dan Prosedur). Jakarta: Prenamedia Group.

Sarizan, Sirait, J., & Hamdani. (2022). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik pada Materi Gaya di SMA Negeri 5 Singkawang. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(4), 553–561. https://doi.org/http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i4.558

Sirait, J. (2015). Multiple Representations Based Physics Learning To Improve Students’ Problem Solving Skills. Proceeding Of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematic and Sciences, (May), 33–38.

Sirait, J. (2021). Multirepresentasi Dalam Penyelesaian Soal Fisika. Pontianak: Fahruna Bahagia.

Sirait, J., Firdaus, Hidayatullah, M. M. S., & Habellia, R. C. (2023). Development and Validation of Force Test to Assess Physics Education Students’ Representational Competence. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(2), 306–317. https://doi.org/doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.28294

Yustiandi, & Saepuzaman, D. (2017). Profil Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Siswa SMA Kelas X. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika GRAVITY, 3(1), 30–39. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2410.

Zainuddin, Z., Sari, R. P., & Kadir, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Konsep Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Kulidawa, 2(1), 7. https://doi.org/10.31332/kd.v2i1.2485

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Sari, D. I., Sirait, J., & Habellia, R. C. (2023). Analisis kemampuan representasi gerak lurus peserta didik SMA di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 23–33. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5606