Kajian etnosains pada pembelajaran di sekolah dasar

Authors

  • Dessy Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Yunika Afryaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Muhammad Aqmal Nurcahyo Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.6270

Keywords:

etnosains, pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian etnosains pada pembelajaran di sekolah dasar. Melalui kajian etnosains dalam pembelajaran di sekolah dasar, peneliti dapat menentukan bidang-bidang kajian etnosains dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai penerapan etnosains dalam pembelajaran di sekolah dasar. Kajian etnosains pada pembelajaran di sekolah dasar yaitu mengkaji pembelajaran yang terlaksana di sekolah dasar dengan menerapkan kearifan lokal dengan proses sains alamiah. Pembelajaran etnosains dilaksanakan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan mengkaji kearifan lokal yang ada di sekitar. Hasil kajian etnosains yang diterapkan dalam proses pembelajaran meliputi kelompok makanan, kerajinan, minuman, kegiatan, serta tradisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3), 5721-5727.

Andayani, Y., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Guru tentang Etnosains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4 (4), 196-200.

Atmojo, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains, 6 (01), 5-13.

Fasasi, R.A. (2017). Effects of Ethnoscience Instruction, School Location, and Parental Educational Status on Learners’ Attitude Towards Science. International Journal of Science Education, 39 (5), 548-564.

Hadi , W., & Ahied,M. (2017).Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Rekayasa, 10 (2), 79-86.

Intika, T., & Jumiati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar ETNOSPEM (Etnosains Pempek) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (2), 134-142.

Irawan, B., & Muhartati, Erda. (2019). Identifikasi Nilai Etnosains pada Kearifan Lokal Berkarang dan Menyondong Ikan pada Masyarakat Pesisir Bintan. Jurnal Pedagogi Hayati, 3 (1), 1-6.

Kantina, S., Suryati., Suprapto, N.(2022). Mengkaji Pembuatan Garam Gunung Krayan dalam Etnosains Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6763-6773.

Khery, Y., Sarjan, M., Nufida, B., &Efendi,I. (2022) Etnosains Tumbuhan Nyamplung (Chalo[hyllum inophillum L.) dalam Tradisi Masyarakat Sasak. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 2 (4), 176-188.

Kriswanti, D., Suryanti., & Supardi,Z. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Education and Developmen, 8 (3), 372-378.

Koentjaningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Lidi, M., Wae, V., & Kaleka, M. (2022). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Merdeka Belajar di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (2), 206-216.

Moleong, L.J., (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukti, H., Rahmawati, B., & Marzuki,M. (2022). Kajian Etnosains dalam Ritual Balaq Tangkel pada Masyarakat Suku Sasak sebagai Sumber Belajar IPA. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17 (1), 41-53.

Nurulita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (1), 1-8.

Puspasari, A., dkk. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Science Education Journal (SEJ), 3 (1), 25-31.

Parrish, P. & Linder-VanBerschot, J. A. (2010). Cultural Dimension of Learning: Adresing the Challenges of Multicultural Instruction. Internasional Review of Research in Open and Distance Learning, 11 (2), 1-19.

Rahayu, W.E. & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadi Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4 (2), 919-926.

Rahmawati, F. & Atmojo, R. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 6280-6287.

Sudarmin. (2010). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1 (2), 140-147.

Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Peserta didik Sekolah dasar. ELSE (Elementary School Educational Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (2a), 98-106.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Setyowati, D., Afryaningsih, Y., & Nurcahyo, M. A. (2023). Kajian etnosains pada pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 225–235. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.6270