Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonis di SMA

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Tanjungpura
  • Judyanto Sirait Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.6430

Keywords:

pengembangan tes, berpikir kritis, getaran harmonis

Abstract

Berpikir kritis memiliki eksistensi yang bersifat fundamental dalam pembelajaran, terkhusus dalam pembelajaran fisika. Berpikir kritis juga sejalan dengan tuntutan pembelajaran abad 21 sehingga penting dilatih pada saat pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat menghasilkan tes keterampilan berpikir kritis untuk materi getaran harmonis yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memakai prosedur pengembangan ADDIE. Tes yang dikembangkan berupa 18 soal pilihan ganda yang telah divalidasi lima validator ahli dengan nilai Indeks Aiken V untuk aspek materi bernilai 0,767 (tinggi), aspek konstruksi 0,812 (sangat tinggi) dan aspek bahasa 0,903 (sangat tinggi). Tes yang telah dibuat terlebih dahulu diuji coba skala kecil pada 36 peserta didik dan uji coba skala besar pada 172 peserta didik dari tiga SMA di Pontianak. Tingkat keterbacaan sudah terpenuhi yang memiliki rata-rata sebesar 6,691. Hasil uji coba menunjukkan 16 soal valid dan 2 soal tidak valid. Reliabilitas tes bernilai 0,744 dengan kategori tinggi. Analisis tingkat kesukaran menunjukkan 4 soal sedang dan 14 soal sukar. Nilai daya pembeda menunjukkan 2 soal dengan kategori rendah sekali dan 16 soal lainnya dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Angket respon peserta didik terhadap tes juga menunjukkan respon yang baik dengan persentase 70%. Secara keseluruhan terdapat 16 dari 18 soal yang dinyatakan layak. Berdasarkan hasil dan analisis, tes ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonis di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, E., Tiur Maria, H. S., & Oktavianty, E. (2019). Pengembangan tes higher order thinking skills (HOTS) materi gerak lurus berubah beraturan untuk SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.32378

Afriani, W., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2022). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP pada materi gerak lurus. Jurnal Education and Development, 10(3), 408–413. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4159

Ainiyah, K. (2018). Bedah fisika dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Azwar, S. (2009). Tes Prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bailin, S., Case, R., Coombs, J. R., & Daniels, L. B. (1999). Common misconceptions of critical thinking. Journal of Curriculum Studies, 31(3), 269–283. https://doi.org/10.1080/002202799183124

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Spinger.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Facione, P. a. (2011). Critical thinking : What It is and why it counts. Insight Assessment, 1(1), 1–28. https://doi.org/https://doi.org/10.5840/inquiryct20132812

Facione, P. A. (1990). Critical thinking : A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction. The California Academic Press, 423(c), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tse.2009.07.002

Hidayati, R., Makhrus, M., & Sutrio. (2022). Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika materi getaran harmonik dengan pendekatan saintifik. Kappa Journal, 6(2), 258–268. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.6994

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

McGriff, S. J. (2000). Instructional system design (ISD): Using the ADDIE model. Retrieved June, 10(2003), 513–553. https://doi.org/10.5005/jp/books/10200_4

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan & teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan analisis teori respon butir. Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13730

Novia, R., Ramalis, T. R., & Efendi, R. (2019). Pengembangan dan karakterisasi tes keterampilan berpikir krisis materi tekanan berdasarkan teori respon butir. Wahana Pendidikan Fisika, 4(2), 155–162. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20181

Nurjanah, S., Djudin, T., & Hamdani. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada topik fluida dinamis. Jurnal Education and Development, 10(3), 111–116. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3849

Poerwanti, E., & Masduki. (2008). Asesmen pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan tinggi Departemen pendidikan nasional.

Pratiwi, J. A., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan berpikir kritis aspek analysis siswa di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(12), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17771

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahardhian, A. (2022). Kajian kemampuan berpikir kritis (critical thinking skill) dari sudut pandang filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Romandona, D. D., & Adila, D. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA Pada materi gerak harmonik sederhana. Journal of Physics Education, 1(2), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.37251/sjpe.v1i2.69

Sirait, J. (2023). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan tes kompetensi representasi gerak lurus beraturan (TKR-GLB). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 12–22. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5675

Sirait, J., Firdaus, F., Hidayatullah, M. M. S., & Habellia, R. C. (2023). Development and validation of force test to assess physics education students’ representational competence. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 306–317. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.28178

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Trisianawati, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan awal dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 12–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.249

Utama, I. G. B. R., Mahadewi, N. M. E., & Krismawintari, N. P. D. (2023). Metodologi penelitian bidang manajemen dan pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Wenno, I. H., Limba, A., & Silahoy, Y. G. M. (2022). The development of physics learning tools to improve critical thinking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(2), 863–869. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.21621

Wulan, E. R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi pembelajaran dengan pedekatan kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Wulandari, T. S. H., Astuti, H. P., & Cintamulya, I. (2021). Analysis of students’ critical thinking abilities using the PDEODE strategy in terms of cognitive style through online learning. Procedia of Social Sciences and Humanities, 1, 19–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v1i.3

Zivanka, S. R., Silitonga, H. M., & Hamdani. (2022). The application of the rasch model to developa two-tier multiple-choicetest to measure higher-order thinking skills on motion and force. Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 8(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JISAE

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Aisyah, S., Sirait, J., & Hamdani, H. (2023). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonis di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(2), 308–319. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.6430