Hubungan kemampuan penalaran matematis dan pemecahan masalah matematika materi matrik terhadap prestasi belajar
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.6678Keywords:
kemampuan penalaran, pemecahan masalah, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Yasmida Ambarawa di kelas XI. Materi matematika bertujuan untuk memahami efek dari kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar; efek kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap prestasi serta efek secara bersama-sama kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25 menggunakan model regresi garis ganda. Penelitian dilakukan di kelas XI dengan jumlah keseluruhan 31 siswa di semester gasal TA 2021/2022. SMA Yasmida Ambarawa merupakan SMA swasta satu-satunya di kecamatan Ambarawa Pringsewu Lampung. Lokasi SMA ini berdekatan dengan SMA N 1 Ambarawa, SMK Yasmida dan SMK Muhammadiyah sehingga jumlah siswa di SMA Yasmida Ambawara relatif sedikit. Temuan penelitian yang disusun secara ringkas meliputi: 1) Ada perbedaan efek kemampuan penalaran matematika siswa dengan pretasi siswa dalam pembelajaran. 2) Ada perbedaan dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada prestasi siswa. 3) Terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis beserta kemampuan pemecahan dalam masalah bersama-sama pada pretasi belajar siswa di kelas X1 pada materi Matrik SMA Yasmida Ambarawa saat pembelajaran. Hasil dari R Square adalah 98,5% sehingga prestasi siswa memiliki dampak yang signifikan pada materi matrik.
Downloads
References
Adhalia, D., & Susianna, N. (2021). Keterampilan pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan penalaran pada pembelajaran matematika menggunakan media visual [problem solving, creative thinking, and reasoning skills in learning mathematics using visual learning media]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 101. https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2636
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Aulia, Z., & Armiati, A. (2019). Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran administrasi umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Ecogen, 2(4), 811. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7858
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112.
De Corte, E. (2019). Learning design: creating powerful learning environments for self-regulation skills. Voprosy Obrazovaniya / Educational Studies Moscow, 4, 30–46. https://doi.org/10.17323/1814-9545-2019-4-30-46
Haris, A., Nasir, K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 3(http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/issue/view/195), 365–373. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4825
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.
Jainuri, M & Tan, H. (2014). Kemampuan pemecahan masalah matematika. Acamedia, 1(1), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/333089920_kemampuan_pemecahan_masalahmatematika
Jupri, A. (2018). Dengan pendekatan matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 303–314.
Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990
Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997
Nursuprianah, I., & Fitriyah, F. (2012). Hubungan pola berpikir logis dengan hasil belajar matematika siswa (studi kasus di SMA N 1 Rajagaluh Majalengka). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2), 14–24. https://doi.org/10.24235/eduma.v1i2.294.
Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S. (2020). Analisis kemampuan penalaran siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776.
Rasmuin, R., & Khatima, K. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9–14. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1126.
Rezky Amaliyah Ar, S. A. A. (2022). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa. 9(3), 759–771.
Santia, I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematis siswa smp berdasarkan motivasi belajar siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748.
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302.
Saragih, R. M. B., & Simamora, Y. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 189–196. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250.
Siti, K & Dian, S. N. A. G. R. (2018). View of analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa.pdf (pp. 1–8).
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.
Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2)
Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022.
Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2014). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada SMA Negeri 10 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6980
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wildan Wildan, Sugeng Sutiarso; Ari Suningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.