Hubungan kemampuan penalaran matematis dan pemecahan masalah matematika materi matrik terhadap prestasi belajar

Authors

  • Wildan Wildan Universitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung
  • Ari Suningsih Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.6678

Keywords:

kemampuan penalaran, pemecahan masalah, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Yasmida Ambarawa di kelas XI. Materi matematika bertujuan untuk memahami efek dari kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar; efek kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap prestasi serta efek secara bersama-sama kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25 menggunakan model regresi garis ganda. Penelitian dilakukan di kelas XI dengan jumlah keseluruhan 31 siswa di semester gasal TA 2021/2022. SMA Yasmida Ambarawa merupakan SMA swasta satu-satunya di kecamatan Ambarawa Pringsewu Lampung. Lokasi SMA ini berdekatan dengan SMA N 1 Ambarawa, SMK Yasmida dan SMK Muhammadiyah sehingga jumlah siswa di SMA Yasmida Ambawara relatif sedikit. Temuan penelitian yang disusun secara ringkas meliputi: 1) Ada perbedaan efek kemampuan penalaran  matematika siswa dengan pretasi siswa dalam pembelajaran.  2) Ada perbedaan dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada prestasi siswa.  3) Terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis beserta kemampuan pemecahan dalam masalah bersama-sama pada pretasi belajar siswa di kelas X1 pada materi Matrik SMA Yasmida Ambarawa saat pembelajaran. Hasil dari R Square adalah 98,5% sehingga prestasi siswa memiliki dampak yang signifikan pada materi matrik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sugeng Sutiarso, Universitas Lampung

Pendidikan Matematika

Rangga Firdaus, Universitas Lampung

Pendidikan Matematika

Ari Suningsih, Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Pendidikan Matematika

References

Adhalia, D., & Susianna, N. (2021). Keterampilan pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan penalaran pada pembelajaran matematika menggunakan media visual [problem solving, creative thinking, and reasoning skills in learning mathematics using visual learning media]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 101. https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2636

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Aulia, Z., & Armiati, A. (2019). Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran administrasi umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Ecogen, 2(4), 811. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7858

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112.

De Corte, E. (2019). Learning design: creating powerful learning environments for self-regulation skills. Voprosy Obrazovaniya / Educational Studies Moscow, 4, 30–46. https://doi.org/10.17323/1814-9545-2019-4-30-46

Haris, A., Nasir, K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 3(http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/issue/view/195), 365–373. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4825

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Jainuri, M & Tan, H. (2014). Kemampuan pemecahan masalah matematika. Acamedia, 1(1), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/333089920_kemampuan_pemecahan_masalahmatematika

Jupri, A. (2018). Dengan pendekatan matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 303–314.

Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990

Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997

Nursuprianah, I., & Fitriyah, F. (2012). Hubungan pola berpikir logis dengan hasil belajar matematika siswa (studi kasus di SMA N 1 Rajagaluh Majalengka). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2), 14–24. https://doi.org/10.24235/eduma.v1i2.294.

Puspita, M. D., Prayito, M., & Sugiyanti, S. (2020). Analisis kemampuan penalaran siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776.

Rasmuin, R., & Khatima, K. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9–14. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1126.

Rezky Amaliyah Ar, S. A. A. (2022). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa. 9(3), 759–771.

Santia, I. (2018). Analisis kemampuan literasi matematis siswa smp berdasarkan motivasi belajar siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302.

Saragih, R. M. B., & Simamora, Y. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 189–196. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250.

Siti, K & Dian, S. N. A. G. R. (2018). View of analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa.pdf (pp. 1–8).

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2)

Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022.

Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2014). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada SMA Negeri 10 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6980

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Wildan, W., Sutiarso, S., Firdaus, R., & Suningsih, A. (2023). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan pemecahan masalah matematika materi matrik terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(2), 320–330. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.6678