Pengembangan interactive virtual laboratory rangkaian listrik dasar sebagai pendukung media pembelajaran

Authors

  • Wiwit Indah Rahayu Politeknik Negeri Pontianak
  • Muhammad Sulkhan Arif Politeknik Negeri Pontianak
  • Hadi Sugiarto Politeknik Negeri Pontianak
  • Sarah Bibi Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.6752

Abstract

Perkembangan dunia digital sangat mempengaruhi bidang pendidikan dan pembelajaran, sehingga diperlukan adaptasi untuk mengikuti perkembangan era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah laboratorium virtual interaktif sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode ASSURE melalui pendekatan model pembelajaran yang menggabungkan teknologi dan media pembelajaran yang juga dikenal sebagai metode berorientasi kelas. Implementasinya melibatkan penyediaan materi, pemilihan dan penggunaan metode, bahan ajar, media, serta penentuan peran pengguna dalam proses pembelajaran. Metode ASSURE terdiri dari beberapa tahap yaitu: Analyze learners, State Objectives, Select Methods, Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise. Selanjutnya, dilakukan evaluasi dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengguna akhir untuk menguji efektivitasnya. Pengujian dilakukan melalui penilaian laporan akhir praktikum dengan nilai rata-rata dari 26 pengguna sebesar 80.125, nilai tertinggi 88, dan nilai terendah 71. Untuk nilai mutu, sebanyak 13 mahasiswa mendapatkan nilai A dan 11 mahasiswa mendapatkan nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa simulasi praktikum rangkaian listrik dasar dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri sebelum melakukan praktikum nyata di laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwit Indah Rahayu, Politeknik Negeri Pontianak

Program Studi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro

Muhammad Sulkhan Arif, Politeknik Negeri Pontianak

Program Studi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro

Hadi Sugiarto, Politeknik Negeri Pontianak

Program Studi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro

Sarah Bibi, Politeknik Negeri Pontianak

Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro

References

Albu, M., Holbert, K. E., Heydt, G. T., Grigorescu, S., & Trusca, V. (2004). Embedding remote experimentation in power engineering education. Power Systems, IEEE Transactions On, 19, 139–143. https://doi.org/10.1109/TPWRS.2003.821020

Alexander, C. K., & Sadiku, M. N. O. (2018). Fundamentals of electric circuits (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran digital book pada materi aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja grafindo persada.

AY, Ö., & Yilmaz, S. (2015). Effects of virtual experiments oriented science instruction on students’ achievement and attitude. İlköğretim Online, 14. https://doi.org/10.17051/io.2015.25820

Boylestad, R. L., & Nashelsky, L. (2013). Electronic devices and circuit theory (11th ed). Pearson Prentice Hall.

Daryanto, D. (2015). Media pembelajaran. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

de Moura, A. P., & de Moura, A. A. (2016). Use of virtual industry and laboratory machines to teach electric circuit theory. International Journal of Electrical Engineering & Education, 53(4), 371–383. https://doi.org/10.1177/0020720916631564

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan media 3 dimensi berbasis virtual reality untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ipa siswa kelas v sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Floyd, T. L., Buchla, D. M., & Wetterling, S. (2021). Electronic devices (Conventional Current Version). Pearson. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/electronic-devices-conventional-current-version/P200000001047/9780137526642

Hambley, A. R. (2021). Electrical engineering: Principles & applications. Pearson. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/electrical-engineering-principles--applications/P200000003555/9780137562855

Harrington, J. L. (2016). Relational database design and implementation. https://shop.elsevier.com/books/relational-database-design-and-implementation/harrington/978-0-12-804399-8

Horowitz, P., & Hill, W. (2015). The art of electronics. Cambridge University Press. https://www.cambridge.org/id/academic/subjects/physics/electronics-physicists/art-electronics-3rd-edition, https://www.cambridge.org/id/academic/subjects/physics/electronics-physicists

Khaddaj, S. I., & Marmar, A. R. (2016). Electric circuit interactive laboratory. International Journal of Electrical Engineering & Education, 53(3), 195–211. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0020720915611429

Kurtz, T. (2021). Introduction to electrical engineering (4th ed). Pearson.

Odeh, S., Shanab, S. A., & Anabtawi, M. (2015). Augmented reality internet labs versus its traditional and virtual equivalence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 10(3), Article 3. https://doi.org/10.3991/ijet.v10i3.4354

Rahmi, W. J., Samala, A. D., Wahyuni, T. S., & Delianti, V. I. (2023). Media interaktif augmented reality: pengenalan bagian-bagian otak manusia. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 11(4), Article 4. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i4.124717

Santoso, P. H., & Munawanto, N. (2020). Approaching electrical circuit understanding with circuit builder virtual laboratory. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i2.5976

Setiawan, W., Sugianto, Riandi, & Prasetyo, Y. (2024). Technology empowerment in learning: student perspective study on virtual laboratory to support independent learning in independent campus. KnE Social Sciences, 814–822. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15655

Silberschatz, A., Korth, H. F., & Sudarshan, S. (2019). Database system concepts—7th edition. McGraw-Hill. https://db-book.com/

Sitohang, E. P., Mamahit, D. J., & Tulung, N. S. (2018). Rancang bangun catu daya dc menggunakan mikrokontroler ATmega 8535. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.35793/jtek.v7i2.19615

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Mims, C., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th Edition). Pearson Education, Inc.

Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual laboratorium teknik digital berbasis mobile virtual reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.38705

Veza, I., Sule, A., Putra, N., Idris, M., Ghazali, I., Irianto, I., Pendit, U., Mosliano, G., & Arasmatusy. (2022). Virtual laboratory for engineering education: Review of virtual laboratory for students learning. Engineering Science Letter, 1, 41–46. https://doi.org/10.56741/esl.v1i02.138

Zaturrahmi, Z., Festiyed, F., & Ellizar, E. (2020). The utilization of virtual laboratory in learning: A Meta-analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6474

Zhang, Z. (2024). Revolutionizing education: The transformative power of educational technology in Online Learning. 523–529. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-253-8_62

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahayu, W. I., Arif, M. S., Sugiarto, H., & Bibi, S. (2024). Pengembangan interactive virtual laboratory rangkaian listrik dasar sebagai pendukung media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(1), 88–101. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.6752