PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP HUBUNGAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.72Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Animasi dan Simulasi Komputer ditinjau dari kemampuan matematika dan gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar Fisika. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilakukan pada bulan September 2012-Desember 2013. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan TIK semester I IKIP PGRI Pontianak Provinsi Kalimantan Barat tahun akademik 2012/2013. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A Pagi dan B Pagi. Kelas A pagi menggunakan media Animasi dan kelas B Pagi menggunakan media Simulasi komputer. Data prestasi belajar diambil menggunakan instrumen tes kognitif, kemampuan matematika dan gaya belajar menggunakan angket, serta afektif dan psikomotorik menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh penggunaan media Animasi dan Simulasi Komputer terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 2) ada pengaruh kemampuan matematika kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 3) tidak ada pengaruh gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 4) tidak terdapat interaksi antara media Animasi dan Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 5) terdapat interaksi antara media Animasi dan Simulasi Komputer dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap prestasi belajar afektif dan
psikomotorik; 6) tidak adanya interaksi antara kemampuan matematika dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, tetapi ada interaksi pada prestasi belajar psikomotorik; 7) tidak ada interaksi antara media Animasi dan media Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kata Kunci: Media Animasi, Simulasi Komputer, Kemampuan Matematika, Gaya Belajar, Prestasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.