PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP HUBUNGAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR

Authors

  • Henny Puspitasari, Sarwanto, Mohammad Masykuri

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.72

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Animasi dan Simulasi Komputer ditinjau dari kemampuan matematika dan gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar Fisika. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilakukan pada bulan September 2012-Desember 2013. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan TIK semester I IKIP PGRI Pontianak Provinsi Kalimantan Barat tahun akademik 2012/2013. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A Pagi dan B Pagi. Kelas A pagi menggunakan media Animasi dan kelas B Pagi menggunakan media Simulasi komputer. Data prestasi belajar diambil menggunakan instrumen tes kognitif, kemampuan matematika dan gaya belajar menggunakan angket, serta afektif dan psikomotorik menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh penggunaan media Animasi dan Simulasi Komputer terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik; 2) ada pengaruh kemampuan matematika kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 3) tidak ada pengaruh gaya belajar visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 4) tidak terdapat interaksi antara media Animasi dan Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotorik; 5) terdapat interaksi antara media Animasi dan Simulasi Komputer dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap prestasi belajar afektif dan
psikomotorik; 6) tidak adanya interaksi antara kemampuan matematika dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, tetapi ada interaksi pada prestasi belajar psikomotorik; 7) tidak ada interaksi antara media Animasi dan media Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Kata Kunci: Media Animasi, Simulasi Komputer, Kemampuan Matematika, Gaya Belajar, Prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-10

How to Cite

Mohammad Masykuri, H. P. S. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP HUBUNGAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 220–232. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.72