Analisis kemampuan mahasiswa menyelesaikan Tes Kompetensi Representasi Gaya (TKR-Gaya)

Authors

  • Judyanto Sirait

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.7260

Keywords:

gaya, kompetensi representasi , diagram gaya, persamaan, deksripsi

Abstract

Gaya merupakan salah satu konsep dasar dalam fisika yang digunakan untuk menyelidiki gerak sebuah benda. Konsep gaya ini digunakan dalam berbagai materi fisika seperti gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola, gerak rotasi, momentum dan impuls, usaha dan energi, dan bahkan dalam listrik statis. Dengan demikin konsep gaya ini sangat penting untuk dikuasai sehingga diajarkan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa tentang gaya. Jenis penelitian survey dilakukan untuk mengukur kompetensi representasi mahasiswa dengan tiga bentuk representasi yakni diagram gaya, persamaan matematis, dan deskripsi konsep. Sebanyak 92 orang mahasiswa menjawab tes kompetensi representasi gaya yang terdiri dari 30 butir pertanyaan. Pemberian skor untuk jawaban mahasiswa adalah 1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah kemudian dikonversi ke skor 100. Hasil analisa data menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi representasi mahasiswa adalah 34,17 dengan kategori pemula. Sebesar 32% mahasiswa mendapat skor pada kategori menengah (intermediate) dan 68% mahasiswa masih berada pada kategori pemula (novice). Skor mahasiswa paling tinggi diperoleh pada situasi balok dalam keadaan diam baik dalam permukaan horijontal dan bidang miring. Sementara skor mahasiswa yang paling rendah adalah situasi balok bergerak dengan kecepatan konstan untuk kedua bidang permukaan. Kompetensi representasi mahasiswa mengubah ke persamaan menjadi yang paling rendah dibandingkan dengan deskripsi dan diagram gaya. Dengan demikian pengajar dapat mencari solusi alternatif dalam pengajaran konsep gaya dan menggunakan tes kompetensi representasi gaya untuk mengukur kekonsistenan konsepsi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonzo, A. C., & Steedle, J. T. (2009). Developing and assessing a force and motion learning progression. Science Education, 93(3), 389–421.

Aviani, I., Erceg, N., & Mešić, V. (2015). Drawing and using free body diagrams: Why it may be better not to decompose forces. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–14.

Balta, N., & Asikainen, M. A. (2019). A comparison of Olympians’ and regular students’ approaches and successes in solving counterintuitive dynamics problems. International Journal of Science Education, 41(12), 1644-1666

Bollen, L., Van Kampen, P., Baily, C., Kelly, M., & De Cock, M. (2017). Student difficulties regarding symbolic and graphical representations of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 1–17.

Burkholder, E. W., Murillo-Gonzalez, G., & Wieman, C. (2021). Importance of math prerequisites for performance in introductory physics. Physical Review Physics Education Research, 17(1), 10108.

Cohen, L., Manion, L., & MOrrison, K. (2018). Research Methods in Education (Eight). Routledge, Taylor & Francis Group.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design (Fifth). SAGE Publication .

Etkina, Planinsic, & Van Heuvelen. (2019). A College Physics: Explore and Apply (2nd ed.). Pearson.

Giambattista, A., Richardson, B. M., & Richardson, R. C. (2004). College Physics, Volume One. McGraw-Hill.

Giancoli, D. C. (2014). Physics Principles with Applications Volume 1. Pearson.

Hestenes, D., Wells, M., & Swackhamer, G. (1992). Force concept inventory. The Physics Teacher, 30(3), 141-158.

Klein, P., Müller, A., & Kuhn, J. (2017). Assessment of representational competence in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(1), 010132.

Kohnle, A., Ainsworth, S. E., & Passante, G. (2020). Sketching to support visual learning with interactive tutorials. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 020139.

Küchemann, S., Malone, S., Edelsbrunner, P., Lichtenberger, A., Stern, E., Schumacher, R., Brünken, R., Vaterlaus, A., & Kuhn, J. (2021). Inventory for the assessment of representational competence of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 17(2), 020126.

Lucas, L. L., & Lewis, E. B. (2019). High school students’ use of representations in physics problem solving. School Science and Mathematics, 119(6), 327–339.

Nie, Y., Xiao, Y., Fritchman, J. C., Liu, Q., Han, J., Xiong, J., & Bao, L. (2019). Teaching towards knowledge integration in learning force and motion. International Journal of Science Education, 41(16), 1672905.

Nieminen, P., Savinainen, A., & Viiri, J. (2010). Force concept inventory-based multiple-choice test for investigating students’ representational consistency. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 6(2), 1–12.

Redish, E. F., & Kuo, E. (2015). Language of Physics, Language of Math: Disciplinary Culture and Dynamic Epistemology. Science and Education, 24(5–6), 561–590.

Robertson, A. D., Goodhew, L. M., Scherr, R. E., & Heron, P. R. L. (2021). University student conceptual resources for understanding forces. Physical Review Physics Education Research, 17(1), 010121.

Scheid, J., Müller, A., Hettmannsperger, R., & Schnotz, W. (2019). Improving learners’ representational coherence ability with experiment-related representational activity tasks. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 010142.

Sirait, J., Ainley, J., & Barstow, M. (2023). The pattern of physics education students’ diagrams and answers in solving force problems. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 178–186.

Sirait, J., Hamdani, H., & Mursyid, S. (2019). The relationship between students’ views and performance of solving physics problems. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 012008.

Sirait, Judyanto; (2023). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan tes kompetensi representasi gerak lurus beraturan (TKR-GLB). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 12–22.

Sirait, Judyanto;, Firdaus, F., Hidayatullah, M. M. S., & Habellia, R. C. (2023). Development and Validation of Force Test to Assess Physics Education Students ’ Representational Competence. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 306–317.

Sirait, Judyanto. (2020). Students’ Use of Representations in Solving Physics Problems: Complete and Incomplete Force Diagrams. University of Leicester.

Sirait, Judyanto. (2021). Multirepresentasi Dalam Penyelesaian Soal Fisika. Fahruna Bahagia.

Thornton, R. K., & Sokoloff, D. R. (1998). Assessing student learning of Newton’s laws: The Force and Motion Conceptual Evaluation and the Evaluation of Active Learning Laboratory and Lecture Curricula. American Journal of Physics, 66(4), 18863.

Tippett, C. D. (2016). What recent research on diagrams suggests about learning with rather than learning from visual representations in science. International Journal of Science Education, 38(5), 725–746.

Tong, D., Liu, J., Sun, Y., Liu, Q., & Zhang, X. (2023). Assessment of student knowledge integration in learning work and mechanical energy. Physical Review Physics Education Research, 19(1), 010127.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sirait, J. (2023). Analisis kemampuan mahasiswa menyelesaikan Tes Kompetensi Representasi Gaya (TKR-Gaya). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(2), 349–359. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.7260