Efektivitas google sites untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas xi tentang suhu dan kalor
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.7399Keywords:
efektivitas, google sites, penguasaan konsepAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik tentang suhu dan kalor menggunakan google sites. Menggunakan rancangan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Ada 34 peserta didik yang dilibatkan untuk menjawab 10 soal pilihan ganda beralasan dan mengikuti pembelajaran menggunakan google sites. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep tentang suhu dan kalor (asymp.sig < 0,05) setelah menggunakan google sites dalam pembelajaran.
Downloads
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran google site dalam pembelajaran bahasa inggris kelas v sd. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Amarulloh, R. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika dasar. Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2022, 154–164.
Anderson, & Krathwohl. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azizah, U., Parno, & Supriana, E. (2019). Identifikasi penguasaan konsep fisika siswa sma kelas xi dan xii pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 484–490. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan google sites materi pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550
Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371
Hamdani, & Marlina, R. (2023). Penerapan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa tentang vektor. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 278–283. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5511
Handoko, & Waskito. (2018). Blended learning : konsep dan penerapannya (2018th ed.). Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.
Hara, A. K., Astiti, K. A., & Lantik, V. (2023). Analisis penguasaan konsep fisika pada materi suhu dan kalor pasca pembelajaran online di kelas xi sma negeri 12 kota kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 118–126. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1548
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis google sites terhadap hasil belajar siswa pada masa covid-19di smk negeri 6 bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan google sites pada pembelajaran matematika materi pola bilangan smp kelas viii smpn 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1183
Mahardika, I. K. S. P. A. A. W. S. M. I. N. R. K. (2022). efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis website google sites pada materi hukum newton di sma islam al-hidayah jember. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16(2), 80–85
Mukhoyyaroh, Q., Miharja, J., Baldah, B., & Yuniarti, A. (2023). Development of p3d learning strategy using google sites to support 21st-century skills. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 13(2), 135–147. https://doi.org/10.24042/biosfer.v13i2.14164
Mutiara, W., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. 5(1), 51–59.
Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites terhadap hasil belajar siswa sma pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669
Nuraeni, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web menggunakan google sites pada pelajaran ipS. 5.
Prihatiningtyas, S., Hilmi, M., Ayu, N., Pertiwi, S., Prihatiningtyas, S., Hilmi, M., Ayu, N., & Pertiwi, S. (2022). Learning media of physics-based on google sites with qr code on particle dynamics material media pembelajaran fisika berbasis google sites dengan qr code pada materi dinamika partikel. 10(2), 134–143.
Rizal, I., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Sites, G., & Pembelajaran, M. (2023). efektifitas media pembelajaran google sites untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran mesin bubut smk negeri 1 padang. 5(1), 12–20.
Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran bahasa indonesia jarak jauh siswa kelas vii smp islam asy-syuhada kota bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903
Sari, H. V., & Suswanto. (2017). Pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Untuk mengukur hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar program Keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik sma. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Subariah, R., Hidayat, I., & Nurhidayatuloh. (2023). Mengenal manfaat dan pelatihan pembuatan website pembelajaran menggunakan google sites pada smk putra satria. Jurnal Penelitian Sistem Informasi, 1(1), 64–67.
Sungkawan, R., & . M. (2013). Analisis penguasaan konsep awal fisika pada pembelajaran menggunakan model advance organizer berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 73. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i2.3480
Supit, J. S., & Ridwan. (2022). Efektivitas pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa era covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2).
zainab, s., & wilujeng, d. (2016). pengembangan instrumen penilaian tes objektif pilihan ganda untuk mengukur penguasaan materi ajar gerak lurus dan keterampilan proses sains siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Munawirah Rini, Stepanus Sahala Sitompul, Hamdani Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.