Efektivitas google sites untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas xi tentang suhu dan kalor

Authors

  • Rini Munawirah Rini Universitas Tanjungpura
  • Stepanus Sahala Sitompul Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.7399

Keywords:

efektivitas, google sites, penguasaan konsep

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik tentang suhu dan kalor menggunakan google sites. Menggunakan rancangan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Ada 34 peserta didik yang dilibatkan untuk menjawab 10 soal pilihan ganda beralasan dan mengikuti pembelajaran menggunakan google sites. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep tentang suhu dan kalor (asymp.sig < 0,05) setelah menggunakan google sites dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Munawirah Rini, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

Stepanus Sahala Sitompul, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

Hamdani Hamdani, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran google site dalam pembelajaran bahasa inggris kelas v sd. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Amarulloh, R. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika dasar. Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2022, 154–164.

Anderson, & Krathwohl. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azizah, U., Parno, & Supriana, E. (2019). Identifikasi penguasaan konsep fisika siswa sma kelas xi dan xii pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 484–490. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan google sites materi pecahan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550

Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371

Hamdani, & Marlina, R. (2023). Penerapan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa tentang vektor. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 278–283. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5511

Handoko, & Waskito. (2018). Blended learning : konsep dan penerapannya (2018th ed.). Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Hara, A. K., Astiti, K. A., & Lantik, V. (2023). Analisis penguasaan konsep fisika pada materi suhu dan kalor pasca pembelajaran online di kelas xi sma negeri 12 kota kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 118–126. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1548

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262

Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis google sites terhadap hasil belajar siswa pada masa covid-19di smk negeri 6 bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan google sites pada pembelajaran matematika materi pola bilangan smp kelas viii smpn 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1183

Mahardika, I. K. S. P. A. A. W. S. M. I. N. R. K. (2022). efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis website google sites pada materi hukum newton di sma islam al-hidayah jember. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16(2), 80–85

Mukhoyyaroh, Q., Miharja, J., Baldah, B., & Yuniarti, A. (2023). Development of p3d learning strategy using google sites to support 21st-century skills. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 13(2), 135–147. https://doi.org/10.24042/biosfer.v13i2.14164

Mutiara, W., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. 5(1), 51–59.

Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites terhadap hasil belajar siswa sma pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669

Nuraeni, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web menggunakan google sites pada pelajaran ipS. 5.

Prihatiningtyas, S., Hilmi, M., Ayu, N., Pertiwi, S., Prihatiningtyas, S., Hilmi, M., Ayu, N., & Pertiwi, S. (2022). Learning media of physics-based on google sites with qr code on particle dynamics material media pembelajaran fisika berbasis google sites dengan qr code pada materi dinamika partikel. 10(2), 134–143.

Rizal, I., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Sites, G., & Pembelajaran, M. (2023). efektifitas media pembelajaran google sites untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran mesin bubut smk negeri 1 padang. 5(1), 12–20.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran bahasa indonesia jarak jauh siswa kelas vii smp islam asy-syuhada kota bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sari, H. V., & Suswanto. (2017). Pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Untuk mengukur hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar program Keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik sma. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Subariah, R., Hidayat, I., & Nurhidayatuloh. (2023). Mengenal manfaat dan pelatihan pembuatan website pembelajaran menggunakan google sites pada smk putra satria. Jurnal Penelitian Sistem Informasi, 1(1), 64–67.

Sungkawan, R., & . M. (2013). Analisis penguasaan konsep awal fisika pada pembelajaran menggunakan model advance organizer berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 73. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i2.3480

Supit, J. S., & Ridwan. (2022). Efektivitas pembelajaran praktikum dengan google sites berbantuan quizstar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa era covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2).

zainab, s., & wilujeng, d. (2016). pengembangan instrumen penilaian tes objektif pilihan ganda untuk mengukur penguasaan materi ajar gerak lurus dan keterampilan proses sains siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rini, R. M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2024). Efektivitas google sites untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas xi tentang suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(1), 9–17. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.7399