PENERAPAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MATERI KINEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • Eti Sukadi Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak
  • Lia Angraeni Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Kata Kunci:

Pedagogical Content Knowledge, Hasil Belajar, kompetensi pedagogik

Abstrak

Pedagogical Content Knowledge merupakan perpaduan antara pemahaman materi ajar (Content Knowledge) dan pemahaman cara mendidik (Pedagogical Knowledge). Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kompetensi calon guru fisika melalui penerapan Pedagogical Content Knowledge. Penelitian dilakukan terhadap 18 orang mahasiswa pendidikan fisika semester dua tahun ajaran 2018/2019 kelas A pagi di IKIP PGRI Pontianak. Penelitian dilaksanakan dibulan Maret-Juni 2019 pada mata kuliah Mekanika yaitu materi Kinematika. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa Silabus, Satuan Ajar Perkuliahan, dan rancangan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge merupakan instrumen yang berfungsi sebagai pendukung pembelajaran serta instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis. Data penelitian dianalisis dengan Normalisasi Indeks Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan Pedagogical Content Knowledge dengan indeks gain hasil belajar mahasiswa sebesar 0,33 berkategori sedang. Kendala waktu yang kurang dan penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat pada suatu konsep hal ini termasuk dalam kekurangan kompetensi pedagogik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dosen pendidikan fisika mengevaluasi pembelajaran  sebagai bagian dari upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Eti Sukadi, Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Lia Angraeni, Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Anwar, Y. (2010). Pedagogical Content Knowledge.p.Yennyanwar.blogspot.com.

BSNP. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2007). Educational Psychology Windows on Classroom 7th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Fathurrohman, P., & Suryana, A. 2012. Guru Profesional . Bandung: PT. Refika Aditama.

Margiyono dan Mampouw. (2011). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011. 133-144. Yogyakarta: Departmen of Mathematics Education, Yogyakarta State University.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kencana.

Peraturan Pemerintah No. 19. 2005. Standar Nasional Pendidikan .

Peraturan Pemerintah No. 74. 2008. Kompetensi Pedagogik.

Shulman, L. S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Resercher, 15(2).

Sudjarwadi. (2010). Upaya Membangun Kurikulum Optimal Berorientasi Nilai-nilai, Ilmu, Keterampilan, Sikap Mental, dan Etika. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Cetakan ke-8. Bandung: Rosdakarya.

Sumiati, & Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Undang-undang Nomor 14. 2005. Guru dan Dosen

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-22

Cara Mengutip

Sukadi, E., & Angraeni, L. (2019). PENERAPAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MATERI KINEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 202–214. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1376