PENGEMBANGAN MODUL ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK BERBASIS INKUIRI

Penulis

  • Boisandi Boisandi Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Kata Kunci:

pengembangan modul praktikum, analisis rangkaian listrik, metode inkuiri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kualitas modul praktikum analisis rangkaian listrik berbasis inkuiri menurut ahli materi dan ahli media. 2) Mengetahui respon mahasiswa setelah menggunakan modul praktikum analisis rangkaian listrik berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari empat tahap: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan dan produksi (develop), tahap penerapan (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 (Lima) yang mengikuti praktikum analisis rngkaian listrik tahun akademik 2018/2019 di program studi pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung. Hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum memiliki skor validasi 4,2 dengan kriteria baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Boisandi Boisandi, Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Botturi, L. (2003). Instructional Design and Learning Technology Standart: An Overview. IceF-Quardeni dell’Istituo, 9.

Budi Legowo. (2011). Bahan Ajar: Satu Ukuran Profesialisme Dosen Dalam Proses Pembelajaran. (Online: tersedia di http://legowo.staff.uns.ac.id/, diakses tanggal 19 Agustus 2015).

Hake, R.R. (2007). "Design-Based Research in Physics Education Research: A Review," in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education. Erlbaum; online at (Online: tersedia di: http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-Physics3.pdf, diakses tanggal 19 September 2014).

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sukenda, Falahah, dan L. Fubian. 2013. Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Pemanasan Global Dan Solusinya Menggunakan Pendekatan ADDIE. Paper Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2 - 4 Desember 2013 di Bali.

Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Pres.

Wiliams, J., & Seary, K. (2010). Bridiging the divide: Scaffolding the learning experiences of mature age student. In J. Terrell (Ed.), Making the links: Learning, teaching and high quality student outcomes. Proceedings of the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educator (pp. 104-116). Wellington, New Zealand.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-22

Cara Mengutip

Boisandi, B. (2019). PENGEMBANGAN MODUL ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK BERBASIS INKUIRI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 242–252. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1380