KOMPARASI MODEL INKUIRI DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Penulis

  • Sindarti Liani Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Kata Kunci:

inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemahaman matematis, kreativitas belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang komparasi model inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kreativitas belajar siswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Rancangan penelitian adalah desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sungai Raya, dengan sampel kelas VIII A dan VIII C yang dipilih secara random menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan model inkuiri memberikan kemampuan pemahaman matematis lebih baik daripada pembelajaran berbasis masalah, (2) Siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dan rendah, (3) Pada model inkuiri, kemampuan pemahaman  matematis siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dan rendah, (4) Pada model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemahaman  matematis siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dan rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sindarti Liani, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Rahman Haryadi, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Asrori, M. (2003). Strategi Pengelolaan Diri. Malang: Wineka Media.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Cheong, F. (2008). Using A Problem-Based Learning Approach To Teach An Intelligent Systems Course. Journal of Information Technology Education. Volume 7. Australia: Royal Melbourne Institute of Technology University.

Dirjen Dikdasmen. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Ilmadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN di Kabupaten Solok Bagian Selatan. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Padang: Pasca Sarjana UNP.

Major, C. H, and Palmer, B. (2001). Assessing the Effectiveness of Problem Based Learning in Higher Education: Lessons from the Literature. [Online]. http://www.rapidintellect.com/AEQweb/mop4spr01.htm. Diakses tanggal 2 Februari 2019.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahmawati. (2016). Seminar Hasil TIMSS 2015. [Online]. https://puspendik. kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS% 202015 .pdf. Diakses tanggal 12 Januari 2019.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tugino. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. [Online]. http://tugino230171. wordpress.com/2011/01/09/model-pembelajaran-berbasis-masalah/. Diakses tanggal 2 Februari 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-29

Cara Mengutip

Liani, S., & Haryadi, R. (2019). KOMPARASI MODEL INKUIRI DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 292–304. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1421