MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING BERBASIS WHATSAPP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Muhamad Firdaus, Hodiyanto Hodiyanto, Gaspar Bay

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explainig berbasis whatsapp; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explainig berbasis whatsapp; (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining berbasis whatsapp terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong rendah sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining berbasis whatsapp; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong cukup susudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining berbasis whatsapp; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining berbasis whatsapp terhadap kemampuan komunikasi matematis.


Full Text:

PDF

References


Anggita, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal MATH-UMB.EDU. Vol 7(1) November 2019

Callens, M. V. (2014). Using Bloom’s Taxonomy To Teach Course Content And Improve Social Media Literacy. Journal of Interdisciplinary Studies in Education, 3(1), 17.

Gatra. Com. (2019). Kominfo: 83% Pengguna Internet adalah Pengguna Whatsapp. Retrieved from https://www.gatra.com/detail/news/457263/teknologi/kominfo-83-pengguna-internet-adalah-pengguna-whatsapp.

Hodiyanto, H., Budiyono, B., & Slamet, I. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran problem posing dan problem solving dengan pendekatan pmr terhadap prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Hodiyanto, H. (2017a). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.

Hodiyanto, H. (2017b). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.

Khaulah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Student Facilitator And Explaining Pada Materi Statistik Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(1).

Liputan 6. (2019). 83 Persen Pengguna Internet Indonesia Pakai WhatsApp. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/4113678/83-persen-pengguna-internet-indonesia-pakai-whatsapp#

Muslim, S. R. (2015). Pengaruh penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMK di Kota Tasikmalaya. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 1(1), 65-72.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.

.

Rachmadini, S., Soenarto, Y., & Kurniasih, M. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SFE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMPN 222 Jakarta. Prosiding SENAMKU, 1, 372-385.

Ratnasari, D. (2020). penerapan aplikasi whatsapp terhadap minat dan prestasi peserta didik. Vol. 6 No.2 September 2020

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Witarsa, F. I (2017). The effect of cooperative learning with student facillitator and explaining (sfae) model on students’ Willingness to speak up. Internation Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.