PENDAMPINGAN REMBUG WISATA CAGAR BUDAYA KERATON PAKUNEGARA KECAMATAN TAYAN KALIMANTAN BARAT SEBAGAI WISATA BUDAYA

Muhammad Syaifulloh, Basuki Wibowo, Eka Jaya Putra Utama, Agus Dediansyah, Teguh Agustian

Abstract


Tujuan pengabdian pada masyarakat ini yaitu memberikan ide perencanaan dan pendampingan langkah awal dalam membentuk kawasan desa wisata berbasis cagar budaya masyarakat terutama Kraton Pakunegara Tayan Sanggau Kalimantan Barat. Metode yang digunakan meliputi metode Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan beberapa pihak yang berkompeten dalam bidang pariwisata, bidang pendidikan budaya, dan kebijakan pembangunan pengembangan wisata desa. Adapun hasil pengabdian meliputi diskusi wisata melalui rembug wisata desa berbasis cagar budaya dengan menggunakan media Zoom Meeting sebagai langkah efektif di masa pandemi covid19 dengan melibatkan Perhimpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Pendidikan Wisata Budaya oleh para pakar pendidikan wisata budaya dan Kraton Pakunegara Tayan Sanggau Kalimantan Barat.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kalimantan Barat. (2015). “ Benda Cagar Budaya Kalimantan Barat”. Pontianak: Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kalimantan Barat

Dunn, William. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Https://Kebudayaan.Kemdikbud.Go.Id/Bpcbkaltim/Keraton-Tayan/) diakses pada tanggal 25 Februari 2020.

Muhammad Syaifulloh & Basuki Wibow. (2020). “Benda Cagar Budaya:Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kota Pontianak Kalimantan Barat”. Boyolali: Penerbit Lakeisha.

Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Jakarta: Sekretariat Negara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.