PELATIHAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMP 11 SUNGAI KAKAP KUBURAYA KALIMANTAN BARAT

Authors

  • M. Syaifulloh Universitas PGRI Pontianak
  • Agus Dediansyah Universitas PGRI Pontianak
  • Basuki Wibowo Universitas PGRI Pontianak
  • Superman Superman Universitas PGRI Pontianak
  • Arif Januardi Universitas PGRI Pontianak
  • Fivi Irawani Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

Pembelajaran, Pelatihan Multimedia

Abstract

SMP Negeri 11 Sungai Kakap menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akibat keterbatasan kompetensi guru dan sarana multimedia. Untuk mengatasinya, dilakukan program pelatihan guru berbasis partisipatif guna meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran multimedia. Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat prasejahtera dan berkelanjutan melalui pembentukan tim fasilitator internal serta dukungan pemerintah dan swasta. Kegiatan meliputi pelatihan, bimbingan teknis, dan pemberian penghargaan. Metode pelatihan menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik sesuai kebutuhan guru, sementara bimbingan teknis membantu guru mengembangkan media pembelajaran. Penghargaan diberikan untuk memotivasi inovasi guru. Hasil program menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi, yang berdampak pada pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Motivasi siswa meningkat, keterlibatan siswa dalam belajar bertambah, serta hasil belajar menjadi lebih baik. Pembentukan tim fasilitator internal memastikan keberlanjutan program, menjadikan kegiatan ini efektif dalam menciptakan lingkungan belajar inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kreativitas guru-guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15-22.

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68-82.

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318). Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Mahmudah, F., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Diferensial Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 66-95.

Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64-82.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media pembelajaran multimedia interaktif untuk anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93-100. Prajono, R. (2023). POTRET PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU SMP KABUPATEN BUTON. Jurnal Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah, 1(2), 82-93.

Puspitasari, E. (2016). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas asesmen autentik dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 77-87.

Rahmawati, E. T., Apriliani, E., & Diantoro, F. (2021). Perbaikan substansi kurikulum melalui inovasi dalam menghadapi problematika era revolusi 4.0. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(1), 91-113.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212.

Setiyarini, B. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES BAGI GURU MADRASAH ISLAMIAH (MI) MA’ARIF TINGKIRLOR. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1302-1311.

Syaifulloh, M., & Basuki Wibowo, S. (2014). Pemanfaatan Laboratorium Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Semester III STKIP PGRI Pontianak). Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), 59-72.

Syaifulloh, M., & Fitriana, D. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG KALIMANTAN BARAT: LANGKAH AWAL MENUJU PENDIRIAN LABORATORIUM SEJARAH. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 4(2), 614-638.

Utami, N. E., Utama, E. J. P., & Wibowo, B. (2020). THE RELATIONSHIP OF MAKING AUDIO VISUAL MEDIA WITH STUDY MOTIVATION IN PSYCHOLOGICAL COURSES. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 4(2), 103-107.

Downloads

Published

2024-12-27