TINDAK TUTUR ASERTIF DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE

Mai Yuliastri Simarmata, Rini Agustina

Abstract


Tindak tutur adalah salah satu kajian penting yang perlu diketahui, karena tuturan tersebut tidak hanya merupakan sebuah pajanan saja. Akan tetapi, di balik tuturan tersebut terkandung maksud serta tujuan yang ingin disampaikan. Berkaitan dengan aspek-aspek yang melingkupi tuturan dalam suatu komunikasi penutur dan lawan tutur. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menentukan tindak tutur asertif dalam novel Tentang Kamu  karya Tere Liye. Sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah novel Tentang Kamu , novel ini merupakan salah satu novel Tere Liye yang mengisahkan nasib seorang perempuan bernama Sri Ningsih seorang wanita miskin, sederhana, Tangguh yang bai hati yang berasal dari keluarga sederhana di palau Bungin, Sumbawa, Provinsi NTB. Adapaun yang dibahas dalam artikel ini adalah tindak tutur asertif dalam novel Tentang kamu Karya Tere Liye. Hasil yang ditemukan terkait tindak tutur asertif yaitu, menyatakan, menyarakan, membual, mengeluh, mengklaim.


Full Text:

PDF

References


Chaer dan Agustina. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta : Rineka Cipta.

Putrayasa, I. B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohmadi, M.( 2010). Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Simarmata, M. Y., & Agustina, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif Bahasa Melayu Pontianak. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 173-183

Sudaryanto. (2017). Metode dan Ankea Tehnik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.