WUJUD NYATA HEALTHY ENVIRONMENT WITHOUT WASTE MELALUI LITERASI DIGITAL

Authors

  • Kintoko Kintoko
  • Ferani Mulianingsih Universitas Negeri Semarang

Abstract

Era revolusi industri 4.0 dimana hampir segala sesuatu yang ada di sekitar telah beralih menggunakan teknologi. Adanya terobosan dan perkembangan teknologi, secara tidak langsung telah mempermudah seluruh pekerjaan manusia, yang semula hanya dilakukan secara manual, kini sekarang telah menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Akan tetapi, dibalik semua itu terdapat dampak-dampak yang muncul akibat dari perkembangan teknologi, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif. Pengabdian masyarakat gerakan literasi digital ini memiliki tujuan yaitu seberapa besar peran serta antusias masyarakat dalam memanfaatkan teknologi, guna menciptakan lingkungan sehat tanpa sampah demi meminimalisir kerusakan lingkungan akibat perkembangan teknologi. Dengan pengabdian masyarakat ini diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengetahui seberapa besar kepedulian masyarakat terhadap lingkungan melalui literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kintoko Kintoko

Universitas PGRI Yogyakarta

References

Chaeruman. (2008). Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Elpira, Bella. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id.

Gilster, P. (2007). Digital Literacy. New York: Wiley.

Kemendikbud. (2017). Membangun Gerakan Bersama untuk Memajukan Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Tersedia pada laman web: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/1966 03252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%20Digital.pdf: https://www.google.com/.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-03-16