KESIAPAN MENTAL MELALUI ANALISA HAMBATAN DAN DUKUNGAN MASYARAKAT LOKAL KAMPUNG BATIK PODHEK

Authors

  • Nur Hasanah Universitas Trunojoyo Madura
  • Bain Khusnul Khotimah Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Ali Syakur Universitas Trunojoyo Madura
  • Putri Lailatul Maghfiroh Universitas Trunojoyo Madura
  • Wahyu Wiyanda Universitas Trunojoyo Madura
  • Muslimatur Rosidah Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Persiapan sangat penting saat memulai pekerjaan, karena dengan persiapan semuanya dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. Sama di bidang pariwisata. Untuk menopang kesuksesan industri pariwisata, sangat penting untuk bersiap menghadapi apapun. Dengan kesiapsiagaan, individua tau kelompok akan siap menghadapi apapun yang akan terjadi. Apa pun bisa terjadi dalam pariwisata, karna akan ada banyak pengunjung dari luar yang bertemu masyarakat lokal dan memiliki persepsi atau pemikiran yang berbeda, dan perbedaan inilah yang mengharuskan setiap warganya untuk mempunyai kesiapan untuk menghadapi setiap aspek. Tidak hanya negara yang harus ikut serta dalam pengelolaan kawasan wisata, tetapi juga peran masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata tersebut sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, selain peran pemerintah, masyarakat juga harus ikut andil dalam setiap kegiatannya. Kesiapan masyarakat untuk menjadi tujuan wisata sangat diperlukan. Kesiapan masyarakat memegang peranan penting dalam kepariwisataan dari berbagai sudut pandang, karena titik awal kunjungan wisatawan ke suatu kegiatan wisata adalah masyarakat Kawasan Wisata, karena masyarakat itulah yang berkomunikasi langsung dengan wisatawan. Maka dari itu kesiapan mental dan membuka diri sangat diperlukan dan butuh sekali dukungan dari masyarakat sekitar kampung eduwisata.

 

Kata Kunci: kesiapan mental, pariwisata, batik podhek, UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D. F. (2018). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Dalam Pengembangan Objek Wisata. JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara, 2(1), 105-119.

Baidawi, M., Rahayu, Y. N., & Harmadji, D. E. (2017). Pengembangan Produk Ekspor Batik Podhek di Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 130-138.

Jumail, M., Par, S. S. T., & Par, M. (2014). Teknik pemanduan wisata. Penerbit Andi.

Matdoan, U. (2015). Peran Program Pnpm-Mandiri Pedesaan dalam Mendorong Partisipasi dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. BIOSEL (Biology Science and Education): Science and Education Research Journal, 4 (1), 29-39.

Sidiq, A. J., & Resnawaty, R. (2017). Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di desa wisata Linggarjati Kuningan, Jawa Barat. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 38-44.

Downloads

Published

2023-01-12