PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) EDUWISATA KAMPONG BATIK PODHEK

Authors

  • Muslimatur Rosidah Universitas Trunojoyo Madura
  • Bain Khusnul Khotimah Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhamad Ali Syakur Universitas Trunojoyo Madura
  • Nur Hasanah Universitas Trunojoyo Madura
  • Wahyu Wiyanda Universitas Trunojoyo Madura
  • Putri Lailatul Maghfiroh Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah rincian tertulis dalam bentuk dokumen yang berisi instruksi dan tindakan apa pun yang harus dilakukan secara teratur, berulang, dan rutin. Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan pendampingan yang memberikan pemahaman akan pentingnya aturan dan untuk mempersiapkan Dusun Podhek sebagai Kampong Eduwisata melalui SOP. SOP  adalah kemauan untuk berkomitmen terhadap apa yang dilakukan oleh  unit kerja. Setiap unit kerja dalam organisasi harus memiliki  SOP untuk menjaga kualitas kinerja setiap anggotanya. Oleh karena itu, pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pokdarwis Eduwisata Batik Podhek sangat penting dalam pengelolaan pariwisata. SOP yang harus diatur antara lain  SOP untuk pengelola, penjual, pengunjung, pendapatan, biaya operasional, dan SOP sisa hasil usaha. Kelengkapan SOP lainnya dapat disiapkan menyusul sewaktu-waktu disesuaikan dengan kebutuhan wisata berdasarkan keputusan Musyawarah Besar Pokdarwis Eduwisata Kampong Batik Podhek.

 

Kata Kunci: SOP, Batik Podhek, Eduwisata, Manajemen Tata Kelola

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arviani, H., Kusuma, V. f., Aulinda, V. R., & Husna, U. (2022). Peningkatan Pelayanan Wisatawan dengan Penyusunan SOP Wisata Kampung Pecinan di Kelurahan Kapasan, Kota Surabaya. Jurnal Gena Ngabdi, 4(2), 144-151.

S4str4h4t1. (2018). Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) Wisata. Diakses pada 5 November 2022, dari https://feryarya.com/contoh-standar-operasional-prosedur-sop-wisata/

Downloads

Published

2023-01-12