PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP KELAS IX DALAM MATERI KESEBANGUNAN

Authors

  • Agnes Esmeralda IKIP PGRI Pontianak
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI Pontianak
  • Dewi Risalah IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD untuk memfasilitasi kemampuan spasial siswa kelas IX dalam materi Kesebangunan. LKPD ini dikembangkan untuk memfasilitasi kemampuan spasial siswa dalam materi Kesebangunan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX B SMP Santo Benediktus Pahauman berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4-D yang dibatasi Define, Design, Develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media, angker respon guru, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan spasial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi media pembelajaran LKPD untuk memfasilitasi kemampuan spasial siswa memiliki tingkat kevalidan dengan rata-rata 84,69% dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan media pembelajaran LKPD sebesar 92,75% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektifan media pembelajaran LKPD sebesar 82,14% dengan kriteria sangat efektif.

 

Kata Kunci: LKPD, Kemampuan Spasial, Kesebangunan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, W. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa SMP pada Materi Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Di Smpn 1 Sidoarjo.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Maier, P. H. (1998). Spatial geometry and spatial ability-How to make solid geometry solid?. Selected Annual Conference of Didactics of Mathematics 1996. Osnabrueck: University of Osnabrueck.

Meng, C. C., & Sam, L. C. (2013). Enhancing Primary Pupils' Geometric Thinking Through Phase-Based Instruction UsingThe Geometer's Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 28: 33-51. Diunduh dari http://eprints.usm.my/34714/1/apjee28_2013_art3_33_51.pdf

National Research Council of National Academy. (2006). Learning to Think Spatially. Wasshington: National Academies Press

Oktaviana, R. (2016). Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Prastowo, A. (2014). Panduan Penyusunan LKPD. Yogyakarta: Diva Press.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol. 2, No. 1

Subroto, T. (2012). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Subroto, T. (2012). Seminar Nasional Pendidikan Matematika “Pengembangan Keterampilan Berpikir serta Pembinaan Karakter Melalui Pembelajaran Matematikaâ€, Sumedang: April 2012.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-12