PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR DAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI Pontianak
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak

Abstract

SMA Islam 10 Al Azhar Pontianak merupakan salah satu sekolah yang belum menerapkan kurikulum merdeka belajar. Salah satu masalahnya adalah guru tidak memahami konsep dan bagaimana mengembangkan proyek untuk memperkuat profil siswa Pancasila. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah Metode Penelitian Tindakan atau sering disebut penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan kegiatan utama, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) observasi dan evaluasi, dan (3) refleksi. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru dalam merencanakan proyek penguatan profil siswa Pancasila dalam KOSP dan menyusun modul proyek adalah baik dan secara umum tanggapan peserta menyatakan puas dengan kegiatan pelatihan yang diberikan.

 

Kata Kunci: Profil Mahasiswa Pancasila, Pendampingan Persiapan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., dkk (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Naskah Akademik: Profil Pelajar Pancasila.

Hastasasi, dkk. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., & Andiarti, A. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Pusat Asesmen Pembelajaran, BPPP, Kemendikbudristek.

Downloads

Published

2023-01-13