GERAKAN PENGHIJAUAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 39 SUNGAI RAYA

Authors

  • Agus Suwarno IKIP PGRI Pontianak
  • Ihsan Nurhakim IKIP PGRI Pontianak
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Berkuranganya pepohonan akibat pemanfaatan lahan sebagai permukiman dan pemanfaatan lahan lainnya menyebabkan air hujan tidak dapat langsung meresap dan terevaporasi langsung. Budaya penanamana pohon sebagai pengenalan litrasi lingkungan dan upaya menjaga kelestarian lingkungan harus delalu dilakukan. Wilayah di Kecamatan Sungai Raya termasuk wilayah dataran rendah sehingga potensi genangan air termasuk tinggi. Tindakan konservasi lahan melalui gerakan menanam pohon dengan melibatkan masyarakat merupakan upaya ideal untuk mengurangi genangan dan menjaga drainase. Metode pengabdian yang digunakan dalam bentuk penanaman pohon dan pendampingan selama masa penanaman dan pemeliharaan. Kegiatan penaman pohon ini disambut antusias oleh warga sekolah SDN 39 Sungai Raya. Selain itu warga sekolah juga berharap dengan leboh banyak ditanama pepohonan akan menjadikan sekolah lebih asrri dan rindang.

 

Kata Kunci: genenagan air hujan, menanam pohon.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). "Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan." Psikostudia : Jurnal Psikologi, 5(2), 86-106 https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). "Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar." Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Mardiana, Dinny. (2017). "Internalisasi Nilai Etika Lingkungan di Sekolah Dasar." Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 1–17. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/art icle/view/5622

Mulyana, R. (2009). "Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(2), 175–180.

Ninsih, Tri Rosita, dkk. 2018. "Penddikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program "Mahira Bebas Sampah" di SD Alam Mahira Kota Bengkulu. " Jurnal PGSD,1(1), 73-82. http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/vie w/342

Sholihah, H., & Nadzifah, L. (2018). Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Anak

Tingkat Sekolah Dasar dalam Membentuk Kepedulian Anak terhadap Lingkungan. Islamic Review : Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 7(2), 174–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.144

Sumarmi. (2008). "Sekolah Hijau sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual." Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 19–25. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/7/339

Downloads

Published

2023-01-13