MELANGKAH MENUJU LITERASI EKOLOGI DENGAN PENDEKATAN SPATIAL CITIZENSHIP
Abstract
Pemusatan perhatian membangun perilaku individu maupun institusi merupakan upaya dalam menangani permasalahan lingkungan. Pemusatan perilaku berarti memusatkan pada ranah sebab atau ‘causal chain’. Pemusatan pada ranah sebab merupakan salah satu yang perlu mendapat prioritas karena ‘sebab’ bersifat lebih multidimensi sehingga relatif sulit untuk ditangani. Merujuk pada kerangka konseptual DPSIR dan Theory of Planned Behavior, pada ranah sebab terdapat konstruk ‘capacity’ dan ‘incentive’serta pemusatan pada penguatan pendidikan lingkungan efektif, orientasi afektif vertikal terintegrasi dalam pendidikan formal penanaman dan habituasi nilai-nilai lingkungan di masyarakat dan keluarga merupakan langkah-langkah yang dapat diupayakan untuk membangun ekologi literasi masyarakat. Spatial citizenship, dalam hal ini menekankan pada kemampuan individu dan kelompok untuk berinteraksi dalam pengambilan keputusan spatial masyarakat melalui produks, refleksi dan penggunaan geo-media. Keterkaitan literasi ekologi dan spatial citizenship masyarakat mampu mengakses dan menggunakan informasi geografis dari perangkat geomedia, maka dari keterkaitan keduanya adalah partisipasi masyarakat melalui produksi informasi geografis untuk mengetahui permasalahan lingkungan.
Downloads
References
Hasbullah, J. (2006). Social capital: Menuju keunggulan budaya manusia Indonesia. MR-United Press.
Koesoema, D. (2007). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: grasindo, 212-221.
Mead, G. H. (1934). Mind, self and society (Vol. 111). University of Chicago Press.: Chicago.
Kumaidi, K. (2016). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4).
Abdulâ€Muhmin, A. G. (2007). Explaining consumers’ willingness to be environmentally friendly. International Journal of Consumer Studies, 31(3), 237-247.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Azar, C., Holmberg, J., & Lindgren, K. (1996). Socio-ecological indicators for sustainability. Ecological economics, 18(2), 89-112.
Bebbington, A. (1999). Capitals and capabilities: a framework for analyzing peasant viability, rural livelihoods and poverty. World development, 27(12), 2021-2044.
Walter, E. (2008). Cambridge advanced learner's dictionary. Cambridge university press.
Coleman, J. S. (1988). Social capital in the creation of human capital. American journal of sociology, 94, S95-S120.
EEA, E. (1999). Environmental indicators: Typology and overview. European Environmental.
Field, B.C. and Field, M.K.. (2006). Environmental economics; an Introduction. Fourth Edition. Mc Graw-Hill Co Inc, USA
Karyanto, P. (2010). Factors Affecting the Adoption of Sustainable Upland Agriculture at Lawu Mountain Indonesia. Ph.D Theses at Faculty of International Studies, Universiti Utara Malaysia, Malaysia
Kristensen. (2004). The DPSIR Framework. Proceeding at the 27-29 September 2004 workshop on a comprehensive/detailed assessment of the vulnerability of water resources to environmental change in Africa using river basin approach. UNEP Headquarters, Nairobi, Kenya
Muhammad, H. (2007). Manusia dan Tugas Kosmiknya menurut Islam, dalam Mangunjaya, F., Husain Heriyanto, Reza Gholami. 2007. Menanam Sebelum Kiamat (ed) Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Mohsen Mirri, (2007). Prinsip-Prinsip Islam dan Falsafah Mulla Shadra Sebagai Basis Etis dan Kosmologi Lingkungan Hidup. dalam Mangunjaya, F., Husain Heriyanto, Reza Gholami. 2007. Menanam Sebelum Kiamat (ed) Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Sarabhai, K., Meena Raghunathan & Shivani Jain. (2002). Environmental Education Some experiences of India. Paper on Some Pioneering Examples of Environmental Education Institute for global enironmenatl strategies. Japan, 2002.
Sumarsono, (2003). Kurikulum Kita: Dimana Salahnya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja Edisi Khusus XXXVI Desember 2003.
Surakusumah, tanpa tahun, diakses pada 16 Juni 2012 dengan kata kunci ‘pendidikan lingkungan di Indonesia’
Surendra, L. (2011). National Journeys Towards Education for Sustainable Development; Reviewing National Experience in Indonesia. UNESCO, France
Parson, T. (1975). Social Systems and The Evolution of Action Theory. The Free Press, New York. USA.
Pretty, J., (2003).Social Capital. CTA Working Document. The ACP-EU CTA Publisher. Essex, UK.
Pope, J. (2003). Social Capital and Social Capital Indicator; A Reading List. Working Paper Series No. 1. Public Health Information and Development Unit. Adelaide
Routledge, B.R., and Amsberg, J.V. (2002). Social Capital and Growth. Carnegie- Rochester Conference Series on Public Policy. Pittsburg.
UN. United Nations, (1992). Agenda 21, United Nations Conference on Environment and Dvelopment, Rio de Janeiro, Brazil. United Nation Press, New York. UN. United Nations, (2002).
UN-General Assembly Resolution, 57/254 December 2002 Wals, A., 2009. Review of Context and Structure for ESD 2009.UNESCO 2009
Wals, A., 2009. Review of Context and Structure for ESD 2009.UNESCO 2009
Downloads
Published
Most read articles by the same author(s)
- Agus Suwarno, Ihsan Nurhakim, Rina Rina, GERAKAN PENGHIJAUAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 39 SUNGAI RAYA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 2 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Adhitya Prihadi, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rosanti Rosanti, Dian Equanti, Galuh Bayuardi, SOSIALISAI MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK SISWA SMP N 1 SUNGAI KAKAP , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 2 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Adhitya Prihadi, Ihsan Nurhakim, Novita Sariani, Paiman Paiman, Agus Sudiro, SOSIALISASI PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN KUBU RAYA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Agus Suwarno, Norsidi Norsidi, EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA SITUASI PANDEMI COVID-19 OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 01 SUNGAI KAKAP , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 2 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Eviliyanto Eviliyanto, Ihsan Nurhakim, Mustofa Mustofa, Dian Equanti, Yoga Prasetya, SOSIALISASI DAN PRAKTEK PEMBUATAN LUBANG BIOPORI SOLUSI MENGATASI GENANGAN AIR DAN SAMPAH ORGANIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 39 SUNGAI RAYA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)