SOSIALISAI MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK SISWA SMP N 1 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Adhitya Prihadi IKIP PGRI Pontianak
  • Suherdiyanto Suherdiyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Rosanti Rosanti IKIP PGRI Pontianak
  • Dian Equanti IKIP PGRI Pontianak
  • Galuh Bayuardi IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Mitigasi merupakan suatu upaya langkah awal dalam menyelamatkan dari dampak bencana yang lebih besar. Sederhana mitigasi adalah sebuah rangkaian sikap siap siaga terhadap bencana. Sebuah sosialisasi kesiapsiagaan bencana merupakan salah satu cara untuk meminimalisir dari dampak bencana lebih besar. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan sikap kesiapsiagaan bencana dan peduli terhadap lingkungan. Sosialisasi mitigasi ini terfokus pada bencana banjir luapan sungai kapuas dan laut yang di terima akibat kiriman dari sungai hulu serta air pasang rob laut, sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang banjir dan cara penanggulangannya agar dapat meminimalisir kerusakan, kerugian bahkan korban jiwa. Sasaran sosialisasi ini pada kelompok siswa siswi tingkat SMP serta bapak ibu guru. Lokasi ini merupakan lokasi yang berjenis tanah aluvial sebesar 83% dari keseluruhan kecamatan sungai kakap. Kondisi tanah yang baru dari endapan sungai kapuas ini merupakan daratan yang tidak terlalu tinggi diatas permukaan laut sehingga sering terjadi banjir disetiap tahunnya. Kondisi demikian membuat peneliti untuk memberikan sebuah pengetahuan akan mitigasi bencana banjir, agar dapat memberikan efek untuk bisa mengurangi risiko akibat yang lebih besar dari banjir di setiap tahunnya.

 

Kata Kunci: Mitigasi, Banjir, Lahan endapan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S. (2013). Karakterisasi Bencana Banjir Bandang di Indonesia. Jurnal Sains Dan Teknologi Indonesia, 15(1), 42–51.

Bakornas. (2007). Pengenalan karakteristik bencana dan upaya mitigasinya di Indonesia.

Husna, C. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana Di RSUZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 3(2), 17.

MPBI, U. (2007). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam mengatisipasi bencana gempa bumi dan tsunami di nias selatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Rosida, F., & Adi, K. R. (2017). Studi Eksplorasi Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.17977/um022v2i12017p001

Suprapto. (2011). Statistik Pemodelan Bencana Banjir Indonesia (Kejadian 2002-2010). Jurnal Penanggulangan Bencana, 2, 34–47.

Umar, N. (2013). Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Banjir Di Bolapapu Kecamatan Kulawi Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8(3), 184–192.

Downloads

Published

2023-01-13