ANALISIS PEMBELAJARAN LURING DI MADRASAH ALIYAH MATLA’UL ANWAR PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Luring di Madrasah Aliyah Matla’ul Anwar Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan study survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian (1). Perencanaan pembelajaran luring mata pelajaran sejarah pada masa Covid 19 di Madrasah Aliyah Matla’ul Anwar Pontianak sudah berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru mapel sejarah  menyiapkan perangkat pembelajaran luring  yang  dilaksanakan pada  awal  sekolah  di wajibkan untuk tidak tatap muka pada semester genap 2020 dan di lanjutkan sampai genap 2021. (2). Pelaksanaan model luring pada mata pelelajaran sejarah guru menyiapkan materi dan soal soal untuk di kerjakan siswa pada setiap kali pertemuan. Langkahnya yaitu guru memberikan soal dan materi  kepada  guru  piket  kemudian ketua  kelas  mengambil materi  dan  soal  soal  tersebut, kemudian ketua kelas membagikan kepada semua siswa untuk di kerjakan pada jam mata pelajaran sejarah. (3). Pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Matla’ul Anwar Pontianak guru menemukan beberapa kendala antara lain: a.) waktu pembelajaran yang terbatas. b). motivasi siswa yang kurang atau. c). tidak ada media yang dapat digunakan karena siswa tidak dibekali media. d). guru sulit memberikan pemahaman kepada siswa. e). sulit mnegontrol kemampuan siswa  yang  sesungguhnya Karena  bisa  jadi  saat  mengerjakan  tugas  siswa  saling  kerjasama sehingga nilai nilai tugas banyak yang tinggi.
Â
Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran LuringDownloads
References
Aman. (2011). Model Evaluasi pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Ambarita, J. dkk. (2020). Pembelajaran luring. Indramayu : Penerbit Adab
Aziz, I. (2016). Dasar-dasar Penelitian Olahraga. Jakarta: Kencana.
Malyana. A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia.Vol 2 . No 1
Sugiyono. (2017).Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna.(2014).Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.