RANCANG BANGUN PURWARUPA LAYANAN RESERVASI TOUR GUIDE BERBASIS WEBGIS DI WILAYAH BANTUL

Authors

  • Ari Sugiharto Universistas Teknologi Yogyakarta
  • Rezi Edi Muin Universistas Teknologi Yogyakarta
  • Tholabul Amin Universistas Teknologi Yogyakarta
  • Muhammad Nizal Awaludin Rizqi Universistas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

pemandu wisata, location based services

Abstract

Layanan digital pada perjalanan wisata masih terkendala dalam mencari jasa pemandu maupun tarifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala dalam mencari jasa pemandu wisata melalui platform digital yang berbasis website. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan basis data pemandu wisata yang berlisensi dalam organisasi HPI (Himpunan Pemandu Wisata Indonesia). Digunakan juga data tarif layanan yang sesuai peraturan pemerintah sehingga diperoleh purwarupa layanan web untuk reservasi pemandu wisata dengan studi kasus di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perancangan web menggunakan metode UCD (User Centered Design) agar user memperoleh pengalaman penggunaan web yang baik. Pada web diterapkan teknologi layanan berbasis lokasi (Location Based Services) untuk rekomendasi pemandu wisata dalam fitur reservasi sesuai dengan lokasi destinasi yang dituju, serta kemudahan akses berdasarkan deteksi posisi pengguna. Perbandingan hasil uji pengukuran jarak titik pengguna ke lokasi wisata dari fitur LBS dengan metode Haversine menunjukkan kemiripan sebesar 99,98 % dan 99,95 %, masing-masing pada browser berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzikri, A., & Ramadani, T. (2018). Batam Tourism Application Based on Android Mobile. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 2(1), 23. http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

Irawati, L. (2013). Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemandu Wisata untuk Meningkatkan Kompetensi Pemandu Wisata di Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPD HPI) Yogyakarta.

Lengkong, C. M., Sengkey, R., & Sugiarso, B. A. (2019). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 15–20.

Loliari, M. (2016). Peran Pemandu Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Sektor Pariwisata (Studi Kasus di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta).

Naatonis, R. N., & Bisilisin, F. Y. (2020). Aplikasi Pemandu Pariwisata di Kota Kupang Berbasis Mobile Website. Jurnal Inovasi Penelitian1319, 1(7), 1319–1324.

Oklilas, A. F., Siswanti, S. D., & Rachman, M. D. (2015). Akurasi Pembacaan GPS pada Android untuk Location Based Service (Studi Kasus: Informasi Lokasi SMA di Palembang). Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, 4(1), 1–5. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika

Purwaningsih, R. M. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Prambanan. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3), 146–153.

Sutanto, S. A., & Lubis, A. (2016). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web pada Awan Tour Travel. JUPITER-Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer, 41–50.

Udoyono, B. (2008). Sukses Menjadi Pramuwisata Profesional. Kesaint Blanc.

Yuliani, O., & Prasojo, J. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Angkasa, VII(2), 149–164. www.usability.gow,

Downloads

Published

2024-01-13