PENERAPAN TEKNOLOGI CLOUD UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN MASJID AL MISHBAH, GEDONGAN, TRIRENGGO, BANTUL

Authors

  • Ari Sugiharto Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Satyo Nuryadi Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Al Musa Karim Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

sistem keamanan, teknologi cloud, konten editing

Abstract

Sistem keamanan masjid Al Mishbah yang hanya berupa pengamanan oleh penjaga masjid memiliki resiko yang tinggi karena keterbatasan faktor manusianya. Kegiatan keagamaan jamaah juga menjadi perhatian pengurus masjid, karena jamaah menghendaki agar rekaman konten kegiatan keagamaan menarik untuk disimak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan teknologi yang dapat mengatasi seluruh permasalahan tersebut. Untuk permasalahan sistem keamanan diatasi dengan penerapan sistem monitoring real time menggunakan kamera CCTV. Sistem ini memanfaatkan akses via teknologi cloud, sehingga monitoring keamanan dapat dilakukan darimanapun. Dengan adanya teknologi cloud juga memudahkan pengolahan konten kegiatan keagamaan agar lebih menarik. Pengurus takmir masjid diberikan pelatihan pengolahan konten memanfaatkan fitur editing online menggunakan fasilitas internet. Alih teknologi untuk peningkatan ketrampilan masyarakat dalam memanfaatkan dan merawat sistem keamanan serta pengolahan konten kegiatan masjid dinilai cukup memuaskan berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh mitra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, I., Sumarno, & Satria Tambunan, H. (2022). Pemanfaatan Informasi dan Teknologi untuk Mengelola Data pada Masjid Al-Ihsan Pintu Air-Kota Pematangsiantar. Jurnal Abdimasku, 5(1), 27–31.

Hadiwijaya, B., Drajat, & Zahra, A. A. (2014). Perancangan Aplikasi CCTV sebagai Pemantau Ruangan Menggunakan IP Camera. Transient, 3(2).

Prasetyo, E. W. (2022). Efektivitas Sistem Pengawasan Melalui CCTV (Close Circuit Television) dalam Meningkatkan Keamanan Lingkungan Kampus. Edu-Mandara, 1(1), 76–81. https://ejournal.edu-trans.org/mandara/index

Rakhmawati, I. (2016). Perkembangan Media Sebagai Sarana Dakwah. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 49–69.

Sugiharto, A. (2017). Sistem Kontrol Nirkabel pada Surveillance Mobile Robot. Jurnal Disprotek, 8(2), 8–15.

Downloads

Published

2024-01-13