SOSIALISASI PENGGUNAAN ONLINE SHOP BERBASIS WEBSITE DI UMKM KAWIS BEKASI
Keywords:
online shop, website, UMKM, jual beli, batik tulisAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai jual beli online shop berbasis website. Diharapkan dari hasil sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman baru mengenai jual beli online, pengembangan jual beli online, dan pemahaman tentang jual beli online kepada masyarakat atau UMKM Kawis. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, praktik dan diskusi secara langsung. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan/sosialiasi, sedangkan metode praktik digunakan agar peserta dapat mencoba secara langsung ilmu yang sudah diperoleh dari hasil menyimaknya, dan metode diskusi digunakan agar anggota UMKM Kawis bisa berdiskusi tentang bisnis online berdasarkan online shop berbasis website. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) Anggota UMKM Kawis mampu mengetahui bagaimana proses jual beli secara online; 2) Anggota UMKM Kawis mendapatkan infromasi tentang cara menggunakan website dalam jual beli online; 3) UMKM Kawis diharapkan mampu mengembangkan bisnis jual beli online berbasis website; dan 4) Penjualan komoditas yang dimiliki UMKM Kawis yaitu berupa batik tulis menjadi meningkat.
Downloads
References
Ahbab, F. Z., Lazuardi, M. S., Riswanda, I. A., Aini, U. A. N., & Radianto, D. O. (2023). Pengembangan E-KOPMA Sebagai Inovasi Platform Jual Beli Online Kebutuhan Dan Karya Mahasiswa Dalam Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1385-1396.
Hendra, S. (2021). Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Online (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Kasmawi, K., Fitri, D.A., Mansur, M., & Syahputri, W. (2019). Aplikasi Jual Beli Online Produk Usaha Kecil dan Menengah Berbasis Android. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 4(1), 31-40.
Kwilinski, A. (2023). E-Commerce and Sustainable Development in the European Union: A Comprehensive Analysis of SDG2, SDG12, and SDG13. In Forum Scientiae Oeconomia, 11(3), 87-107.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce 2019: Business, technology, society. Pearson.
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1-7.
Nurhadryani, Y., Sa'diah, H. T., Wirnas, D., & Ardiansyah, F. (2018). Evaluasi ict (information and communication technology) literacy petani kedelai. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 5(2), 128-133.
Saprida, S., Umari, Z. F., & Choiriyah, C. (2023). Sosialisasi sistem jual beli online terhadap ibu-ibu pengajian di Jl. AKBP H. Umar Kecamatan Kemuning Palembang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2226-2231.
Suri, G. P., & Hasibuan, Z. S. (2021). Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web di Tassia Store. Engineering and Technology International Journal, 3(01), 55-65.
Sutarno, R., Kurniawan, E. (2017). Pemanfaatan Teknologi oleh Orang Lanjut Usia di Yogyakarta. Conference: Seminar Nasional Ke-12 Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Neng Nenden Mulyaningsih, Indica Yona Okyranida, Qisthi Maghfiroh, Fita Widiyatun, ANALISIS FISIKA KUALITAS LILIN BATIK YANG SUDAH DIGUNAKAN BERULANG , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)