PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Nailatul Azizah Agfa Universitas PGRI Pontianak
  • Hastiani Hastiani Universitas PGRI Pontianak
  • Ikhsan Algi Fahri Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

artificial, intelligence, karakter, konseling, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bimbingan dan konseling di era Artificial Intelligence dalam membentuk karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kepustakaan, langkah-langkah dalam penelitian kepustakaan meliputi: pemilihan topik, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data, penyusunan laporan. Temuan dalam penelitian ini Artificial Intelligence (AI) tidak hanya mempengaruhi perilaku individu namun juga merubah pola komunikasi individu. Salah satu dampak AI lunturnya etika dalam berkomunikasi. Kebiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) yang merupakan etika dalam karakter komunikasi budaya bangsa Indonesia, sehingga diperlukan upaya merekonstruksi kebiasaan 5S dalam etika komunikasi era AI kepada siswa. Saran, mahasiswa Bimbingan dan Konseling sebagai calon guru BK harus mendalami etika penggunaan AI untuk mengoptimalkan peran BK di Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, M., Ulum, M., Pamekasan, B.-B., Mambaul, M. A., & Bata-Bata, U. (2024). JURNAL CREATIVITY LUNTURNYA MORALITAS PENDIDIKAN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE * 1 Zainal Muarifin (Vol. 2, Issue 2). http://creativity.masmubata- bata.com/index.php/creativity

Amin, R. F., Wutsqah, U., & Pamungkas, Z. B. (2024). Membangun Karakter di Era AI (Menggabungkan Teknologi dan Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan). Hikamatzu| Journal of Multidisciplinary, 1(1), 289-298.

Arianti, A. E., & Alamsyah, M. N. (2023, December). STRATEGI INOVATIF DALAM BK: MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR MELALUI CYBERCOUNSELING. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 2, pp. 118-126). E. C. (2023). Strategi Bimbingan Konseling dalam Pengaruh AI terhadap Kinerja Pembelajaran Mahasiswa FBS Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Journal of Education and Technology, 3(2), 143-151

Hastiani, H., Atika, A., Rustam, R., Naser, M. N., & Rahmi, N. (2022). Affirmation of Student Identity Facing the Challenges of Islamic Education in the Era of Society 5.0. Didaktika Religia, 10(2), 399-422.

Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 31-35.

Henik, U. (2024). Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tafhim Al-'Ilmi, 16(01), 21-44. Islam Kalimantan

Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, U., Qiss Ayuni, B., Runika https://ejournal.bbg.ac.id/visipena I. P. (2023). PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA DALAM Mahyuddin, M. J., Sura, H., & Sulaiman, F. (2024). KAJIAN REVOLUSI KONSELING ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ERA REVOLUSI MEMBENTUK KARAKTER MASYARAKAT GLOBAL. Journal Visipena, 14(1), 14–28.

MENTAL 4. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6927-6935.

Muqorrobin, S., Fahrul Amin, R., Wutsqah, U., & Uulanian, H. (2024). Membangun Karakter di Era AI (Menggabungkan Teknologi dan Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan) (Vol. 1,Issue 1). https://yasyahikamatzu.com/index.php/hjm/about

Nur, D., Rahayu, O., Sundawa, D., Wiyanarti, D. E., Ilmu, P., Sosial, P., Pendidikan, F., & Sosial,

Prayoga, A., Purwoko, B., & Habsy, B. A. (2024). Bimbingan dan Konseling Sekolah di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Sistematis. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR- RAHMAN, 10(1), 52. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14982

Putri, A. C., Priandita, R. P., Jauhariy, A. J., Aulia, D., Sananta, A. O., Nida, R., ... & Putrandha, Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.

Safitri, N. D. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.170

Sapira, M. M., Widiada, I. K., & Zain, Moh. I. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Muatan IPS Kelas IV SDN 1 Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 89–94. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.414 Umaria, S., & Putri, A. (2021). CYBERCOUNSELING SEBAGAI INOVASI KONSELOR MENGHADAPI TANTANGAN DISRUPSI PADA ERA SOCIETY 5.0. In Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman (Vol. 7, Issue 2). http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA kajian revolusi konseling . (n.d.). Khatib Sulaiman Dalam No, J., Saputra, I., Astuti, M., Sayuti, M., & Kusumastuti, D. (n.d.). Integration of Artificial Intelligence in Education: Opportunities, Challenges, Threats and Obstacles. A Literature Review. Indonesian Journal of Computer Science Attribution, 12(4), 1590.

Yulia, H. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pelaksanaan Cyber Counseling pada Pengguna Aplikasi Replika. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11).

Downloads

Published

2024-12-27