KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PERPUSTAKAAN IKIP-PGRI PONTIANAK

Authors

  • Yuliananingsih Yuliananingsih Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.109

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1) kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan petugas perpustakaan IKIP-PGRI Pontianak; (2) kepuasan pemustaka terhadap kelengkapan fasilitas yang tersedia IKIP-PGRI Pontianak; (3) kendala yang dihadapi pemustaka IKIP-PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung, teknik observasi langsung, dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa angket, panduan wawancara, panduan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan petugas perpustakaan IKIP-PGRI Pontianak termasuk kategori “sangat baik†dengan berdasarkan perhitungan persentase diperoleh hasil 83,01%; (2) kepuasan pemustaka terhadap kelengkapan fasilitas yang tersedia di perpustakaan dikategorikan “sangat baik†dengan berdasarkan perhitungan persentase diperoleh hasil 76,41%; (3) terdapat kendala yang dihadapi pemustaka IKIP-PGRI Pontianak misalnya pemustaka sering mengalami kesulitan dalam mencari letak referensi yang diperlukan seperti letak rak buku di lantai satu atau lantai dua, Akses internet di perpustakaan masih tergolong lambat, proses pembuatan kartu perpustakaan terlalu lama dari maksimal seminggu dari pengajuan formulir.

 

Kata Kunci : pelayanan, kepuasan, pemustaka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Yuliananingsih, Y. (2016) “KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PERPUSTAKAAN IKIP-PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 248–260. doi: 10.31571/sosial.v2i2.109.