PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DDD-E

Havizul Havizul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN 06 Pontianak Kota. Materi yang diangkat adalah tentang “Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model desain instruksional yang digunakan adalah model DDD-E yang terdiri atas empat langkah, yaitu: (1) Decide, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Evaluate. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan alat lembar observasi dan teknik pengukuran dengan alat berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran serta hasil belajar siswa.

Keywords


multimedia interaktif; pembelajaran IPS; model DDD-E;

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2013. “Piaget: Tahap Operasional Konkret”. dalam https://www.asikbelajar.com/piaget-tahap-operasional-konkre/. Diakses Tanggal 7 Agustus 2019.

Asrori, M. 2015. Perkembangan Peserta Didik: Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi.

Dali S. Naga. “Ukuran Efek Dalam Laporan Hasil Penelitian” dalam http://dali.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/399/Publications/files/399/4861-aARCHE.doc. Diakses Tanggal 9 Agustus 2019, pukul 10:25 WIB.

Getut, Pramesti. 2014. Statistika Lengkap Secara Teori dan Aplikasi Dengan SPSS 23. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

HUMAS. 2016. “Analisis Data Statistik Inferensial” dalam https://penalaran-unm.org/analisis-data-statistik-inferensial/. Diakses Tanggal 8 Agustus 2019.

Raharjo, Sahid. 2015. “Uji Normalitas Data Rumus Shapiro-Wilk dengan SPSS” dalam https://www.konsistensi.com/2013/04/uji-normalitas-data-dengan-spss.html. Diakses Tanggal 9 Agustus 2019.