DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP/MTS MENGGUNAKAN MODEL ASSURE

Authors

  • Havizul Havizul Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3677

Keywords:

Pembelajaran Online / Daring, Google Classroom, Model ASSURE.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain / merancang pembelajaran online yang efektif dan efisien khususnya pada mata pelajaran IPS SMP/MTs melalui pendayagunaan layanan-layanan yang tersedia di Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan pembelajaran online berbasis google classroom untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP/MTs. Di dalam rancangan pembelajaran tersebut tersedia berbagai rencana aktivitas kelas online yang terstruktur dan sistematis, seperti jadwal kegiatan belajar, absensi kehadiran, pemberian tugas, pengumuman, penilaian, integrasi google meet, integrasi google calender, integrasi google document, dan sebagainya. Dengan baiknya pengelolaan aktivitas kelas online, maka pembelajaran online dapat terselenggara dengan efektif dan efisien, sehingga memberikan hasil yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Havizul Havizul, Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Riwayat Pendidikan:

  • Penulis adalah lulusan Diploma III Politeknik Negeri Pontianak Jurusan Teknik Elektro Tahun 2005 
  • Strata I Universitas Tanjungpura Jurusan Teknik Elektro Tahun 2011
  • Strata 2 Universitas Tanjungpura Prodi Magister Teknologi Pendidikan. 

Riwayat Pekerjaan:

  • Staff EDP dan Inventory di salah satu perusahaan finance ternama di Indonesia pada tahun 2010 hingga 2011
  • Staff IT di perusahaan yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri pada tahun 2011 hingga 2018
  • Guru Sekolah Dasar di SDN 06 Pontianak Kota pada tahun 2018
  • Pembimbing di lembaga Bimbingan Belajar Thiya pada tahun 2018
  • Pranata Komputer di Universitas Tanjungpura tahun 2019
  • Dosen Teknologi Informasi di IAIN Pontianak sejak Desember 2021.

References

Darlis, N., & Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan Model ASSURE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2363-2369.

Darlis, N., Farida.F, & Miaz, Y. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(1), 334-342.

Havizul, Aunurrahman, & Mering, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality Untuk Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-15.

Khunaini, N., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Google Classroom dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar pada Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2079-2091.

Kumar, G. D. (2021). Inspire with Google Classroom – A Practical Guide to Teach Online (Vol. I). India: Honey Gold Publications.

Makarim, F. R. (2021, Juli 13). 4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget. Dipetik April 23, 2022, dari halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil-dalam-teori-piaget

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3299–3305.

Mudrikah, S., Pahleviannur, M. R., Surur, M., Rahmah, N., Siahaan, M. N., Wahyuni, F. S., . . . Nurhayati, R. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah – Teori dan Implementasi. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Nurjaman, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “ASSUREâ€. Indramayu: Penerbit Adab.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi – Implementasi Model ADDI. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiawan, I., Pusparatri, R. K., Suciati, & Mushlih, A. (2016). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IXâ€. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern – Panduan Para Pengajar Dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Thiagarajan, B. (2020). Google Classroom for Novice. Chennai: Otolaryngology Online.

Zabidi, M. N., & Tamami, A. B. (2021). Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 48-58.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Havizul, H. (2022) “DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP/MTS MENGGUNAKAN MODEL ASSURE”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), pp. 106–117. doi: 10.31571/sosial.v9i1.3677.