DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP/MTS MENGGUNAKAN MODEL ASSURE

Havizul Havizul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain / merancang pembelajaran online yang efektif dan efisien khususnya pada mata pelajaran IPS SMP/MTs melalui pendayagunaan layanan-layanan yang tersedia di Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan pembelajaran online berbasis google classroom untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP/MTs. Di dalam rancangan pembelajaran tersebut tersedia berbagai rencana aktivitas kelas online yang terstruktur dan sistematis, seperti jadwal kegiatan belajar, absensi kehadiran, pemberian tugas, pengumuman, penilaian, integrasi google meet, integrasi google calender, integrasi google document, dan sebagainya. Dengan baiknya pengelolaan aktivitas kelas online, maka pembelajaran online dapat terselenggara dengan efektif dan efisien, sehingga memberikan hasil yang optimal.

Keywords


Pembelajaran Online / Daring, Google Classroom, Model ASSURE.

Full Text:

PDF

References


Darlis, N., & Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan Model ASSURE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2363-2369.

Darlis, N., Farida.F, & Miaz, Y. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(1), 334-342.

Havizul, Aunurrahman, & Mering, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality Untuk Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-15.

Khunaini, N., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Google Classroom dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar pada Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2079-2091.

Kumar, G. D. (2021). Inspire with Google Classroom – A Practical Guide to Teach Online (Vol. I). India: Honey Gold Publications.

Makarim, F. R. (2021, Juli 13). 4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget. Dipetik April 23, 2022, dari halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil-dalam-teori-piaget

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3299–3305.

Mudrikah, S., Pahleviannur, M. R., Surur, M., Rahmah, N., Siahaan, M. N., Wahyuni, F. S., . . . Nurhayati, R. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah – Teori dan Implementasi. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Nurjaman, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “ASSURE”. Indramayu: Penerbit Adab.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi – Implementasi Model ADDI. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiawan, I., Pusparatri, R. K., Suciati, & Mushlih, A. (2016). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IX”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern – Panduan Para Pengajar Dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Thiagarajan, B. (2020). Google Classroom for Novice. Chennai: Otolaryngology Online.

Zabidi, M. N., & Tamami, A. B. (2021). Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 48-58.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Havizul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302