PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI

Authors

  • Rika Anggela IKIP PGRI PPONTIANAK
  • Eviliyanto Eviliyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2260

Keywords:

berpikir kritis, video, PBL,

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video terintegrasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis pada mahasiswa Pendidikan Geografi Mata Kuliah Geografi Regional Dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video terintegrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa. Hasil pengolahan data diperoleh didapatkan nilai t tabel, maka dikonsultasikan dengan nilai t hitung (2,612 > 2,178). Dikarenakan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre test dengan post test yang berarti juga terdapat pengaruh penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran  Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Geografi Regional Dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daldjoeni. (2017). Pengantar Geografi. Yogyakarya: Ombak.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewandaru, K. H. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 3, No.2.

Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kurfiss, J. G. (1988). Critical thinking, Theory, research and possibilities. Washington: ASHE (Association for the Study of Higher Education).

Putra, P. D., & Sudarti. (2015). Real Life Videp Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan Volume 45, Nomor 1, Hal.76-89.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2012). Model - model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi. (2012). Model-model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Surya, H. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia.

Suwarma, D. M. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa (pp. 70-83). Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-07

How to Cite

Anggela, R., Eviliyanto, E. and Rina, R. (2021) “PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 102–114. doi: 10.31571/sosial.v8i1.2260.