PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rika Anggela IKIP PGRI PPONTIANAK
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6182

Keywords:

Kata Kunci, Experential Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan untuk mengetahui secara objektif dan sistematis Pengaruh Penerapan Model Experential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpukan bahwa : 1) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sebelum penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,63 berada dalam kriteria cukup; 2) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sesudah penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 77,63 berada dalam kriteria Baik. 3) Berdasarkan hasil pengujian uji t diketahui bahwa skor sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka perbedaan antara sesudah dan sebelum diberikan perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Experential LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD 34 Kecamatan Pontianak Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Anggela, R. and Rina, R. (2023) “PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 161–171. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6182.

Most read articles by the same author(s)