ANALISIS SOAL HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.3083Keywords:
Berpikir Kritis, Soal Pencemaran, GenderAbstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang sangat penting dalam cabang ilmu geografi. Pada dasarnya dalam menyelesaikan permasalahan geografi mahasiswa di tuntut untuk berpikir, oleh itu kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan, jelaskan pada makna kemampuan berpikir kritis sendiri, yakni berpikir kritis merupakan kemampuan pikiran untuk menganalisis, mengidentifikasi, menemukan serta mengambil keputusan untuk menarik kesimpulan terhadap apa yang di yakini. Kemampuan berpikir penting dalam menyelesaikan soal geografi dalam bentuk HOTS, karena geografi dalam bentuk Hots ini memiliki tingkat C4 kemampuan untuk berpikir kritis, sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal ini karena sifatnya memancing agar mahasiswa bepikir lebih berkembang dalam menyelesaikan soal. Kemamampuan berpikir setiap individu tentunya berbeda-beda baik individu dengan individu lainnya, sehingga harus ada perhatian khusus untuk membantu mahasiswa mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa laki-laki dalam menyelesaikan soal SDA materi pembahasan yang ditinjau dari perbedaan gender kelas A Pagi semester VI Prodi geografi, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi SDA yang ditinjau dari perbedaan gender A Pagi semester VI Prodi geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi Penelitian Prodi Geografi IKIP PGRI Pontianak dengan Obyek Penelitian Kelas A Pagi semester VI. Data yang diperoleh berupa data dari observasi, tes tulis dan wawancara. Data dari hasil tes yang diperoleh dari hasil analisis pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal SDA materi pencemaran yang dikemukakan oleh Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membuat penjelasan lanjut, menentukan strategi dan menyelesaikan masalah, dan membuat simpulan.inferensi (menyimpulkan) yang masing-masing mendapat skor 61%.(2) Mahasiswa perempuan yang memiliki presentase paling tinggi terdapat pada indikator yang memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lebih lanjut yaitu memperoleh skor 85%, sedangkan jumlah mahasiswa perempuan yang memiliki presentase baik dan jelas. baik terdapat pada indikator strategi dan taktik memperoleh skor 80% dan menyimpulkan masing-masing hanya memperoleh skor 73%.
Downloads
References
Aprillia Fitri Rahayu, H. L. M. (2019) "Analisis berpikir kreatif siswa pada materi prisma ditinjau dari kemampuan matematika dan gender," Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), hal. 36–48.
Desmita , 2012. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Febryana, D. (2018) "Profil Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gender," Suska Journal of Mathematics Education, hal. 50–58.
Hadari Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2009), hal.19
Widyastuti, A. C., Permana, D., & Sari, I. P. (2018). "Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar dilihat dari gender," hal. 145–148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Nunik Esti Utami, Ihsan Nurhakim, Teguh Agustian, DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Novita Sariani, Ihsan Nurhakim, Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Ihsan Nurhakim, Suherdiyanto Suherdiyanto, PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 4 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 7 No. 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL
Similar Articles
- Elias Elias, ANALISIS PENERAPAN ETIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIII SMPN 2 MONTERADO , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
You may also start an advanced similarity search for this article.