PERBANDINGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 4 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Ihsan Nurhakim, Suherdiyanto Suherdiyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sungai Raya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sungai Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen I dan XI IIS 5 sebagai kelas eksperimen II. Pengolahan data model perbandingan project based learning dan problem based learning menggunakan uji t-test. Dari hasil penemuan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model project based learning pada kategori tinggi (2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning pada kategori sedang. (3) terdapat perbedaan antara model project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


perbandingan; Project Based Learning; Problem Based Learning;

Full Text:

PDF

References


Baqiyatus Sawab (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MI Mathla’Ul Anwarsindang Sari Lampung Selatan". Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Romdoni (2017). "Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem". Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rusmono (2017). Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutirman (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1573

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302