IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA KULIAH SEJARAH ASIA TENGGARA

Authors

  • Emi Tipuk Lestari IKIP PGRI Pontianak
  • Fivi Irawani IKIP PGRI Pontianak
  • Arif Januardi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.3253

Keywords:

pendidikan, multikultur, Asia Tenggara,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi pendidikan multikultural pada mata kuliah Sejarah Asia Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian: 1) Rencana implementasi pendidikan multikultural pada mata kuliah sejarah Asia Tenggara pada mahasiswa pendidikan sejarah dilakukan di kelas B pagi semester 3 selama bulan juli. Pendidikan multikultur ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan dengan mata kuliah Sejarah Asia Tenggara pada kompetensi kemampuan menganalisis perkembangan kawasan Asia Tenggara dewasa ini. 2) Pelaksanaan perkuliahan pendidikan multikultural pada mata kuliah Sejarah Asia Tenggara dilaksanakan secara terintegrasi dengan materi masalah multicultural di Asia Tenggara dengan menggunakan metode diskusi. 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan multikultur dalam mata kuliah Sejarah Asia Tenggara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Benedict. (2006). Imagined Community Reflections on the Origin and Spread of Nationalism. London: Verso.

Andreas Pavlakis, RMN, BSc, PhD, Ioannis Leondiou, CCN, RN, BSc (Hons), MA, PhD (c). 2014. Multicultural Nursing Education in a Multicultural Society. International Journal of Caring Sciences 2014 Jan-April Vol 7 Issue 1.

Banks, James A. 2002. An introduction to Multicultural Education, Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Fred Dervin, Martina Paatela-Nieminen, Kaisa Kuoppala, Anna-Leena Riitaoja. 2012. Multicultural Education In Finland: Renewed Intercultural Competencies To The Rescue International Journal of Multicultural Education Vol. 14, No. 3 . 2012

Gilbert Ahamer. (2013). "Multiple Cultures Of Doing Geography Facilitate Global Studies", Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 7 Iss 2/3 Pp. 228 - 250

Permanent Link To This Document: Http://Dx.Doi.Org/10.1108/17504971311328099

Hernandez, Hilda. 1989. Multicultural Education: A teacher Guide to linking Context, Process, and Content, New Jersy&Ohio : Prentice Hall

Hongling Zhang. 2012. Collaborative Learning to Develop Intercultural Competence Collaborative Learning as a Pedagogical Tool to Develop Intercultural Competence in a Multicultural Class. China Media Research, 8(2), 2.012

Mahfud, Choirul. 2008. Pendidikan Multikultura, Yogyakarta :PustakaPelajar

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sindhunata. 2001. Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman, Yogyakarta : Kanisius

Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan, kebudayaan dan masyarakatmadani Indonesia. Jakarta: RemajaRosdakarya.

Zamroni, 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama

Zamroni. (2010). The implementation of multicultural education. A reader. Yogyakarta: Graduate Program The State University of Yogyakarta.

Zamroni. (2010). A conception frame-work of multicultural teachers education. A reader. Yogyakarta: Graduate Program The State University of Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Lestari, E. T., Irawani, F. and Januardi, A. (2021) “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA KULIAH SEJARAH ASIA TENGGARA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 86–101. doi: 10.31571/sosial.v8i1.3253.