PERAN HUMAN CAPITAL DAN SOSIAL CAPITAL SEBAGAI SUMBER STATEGI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI DESA BERAKAK KECAMATAN TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Martono Martono Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak
  • Saiful Bahri Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak
  • Emi Tipuk Lestari Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6713

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu informasi secara objektif mengenai peran human capital dan sosial capital sebagai sumber stategi dalam peningkatan mutu pendidikan di Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Teknik Analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam Penelitian adalah Kepala Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sudah sesuai dengan teori Liliweri yaitu strategi Implementasi, strategi pendukung dan strategi integrasi yang mana pada tahapan ini pemerintahan Desa Berakak telah melaksanakan tugas mereka sebagai pelayan masyarakat di Desa, dimana hal ini terlihat dari upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu. Pemerintahan Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu telah menentukan program yang akan dijalankan, dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan untuk  meningkatkan mutu pendidikan masyarakat, selain itu untuk penyampain informasi atau pesan sendiri telah ditetukan oleh perangkat Desa dan akan di sampaikan kepada masyarakat melalui media seperti brosur, papan informasi, slogan dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Martono, M., Bahri, S. and Lestari, E. T. (2023) “PERAN HUMAN CAPITAL DAN SOSIAL CAPITAL SEBAGAI SUMBER STATEGI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI DESA BERAKAK KECAMATAN TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), pp. 109–123. doi: 10.31571/sosial.v10i1.6713.