ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Fety Novianty Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak - 78116, Telepon (0561) 748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.419

Abstract

Pembelajaran yang efektif harus dapat merangsang kemampuan komunikasi siswa, karena sejatinya kegiatan pembelajaran tidak akan pernah terlepas dari kegiatan berkomunikasi. Komunikasi edukatif dapat dilakukan dengan cara pendidik sebagai fasilitator dalam kegaiatan pembelajaran. Sehingga aktivitas yang diutamakan dalam pembelajaran adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Pengembangan pembe-lajaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembelajaran yang bervariasi, diantaranya adalah melalui pembelajaran kooporatif. Pembelajaran kooperatif dapat membelajarkan siswa secara berkelompok dan dapat meningkatkan aktivitas siswa.  Pembelajaran dengan metode Course Review Horay juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada mata kuliah Ilmu Kewarganegaraan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan skala sikap untuk mengukur aktivitas pembelajaran dengan sampel penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak angkatan 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran melalui metode dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kooperatif yang melahirkan sikap ketergantungan yang positif antara sesama siswa, penerimaan terhadap perbedaan individu, dan mengembangkan keterampilan bekerja sama antarkelompok.

Kata Kunci: aktivitas belajar, Course Review Horay, Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-18

How to Cite

Novianty, F. (2017) “ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 11–20. doi: 10.31571/sosial.v4i1.419.