PENGUATAN NILAI KARAKTER DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Martin Martin, Toni Elmansyah, Fety Novianty

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi akademik mahasiswa setelah diberikan penguatan nilai-nilai karakter dalam layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpul data yaitu studi dokumenter dan observasi lansung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi berupa kartu hasil studi dan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai karakter dalam layanan penguasaan konten dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak.

Keywords


penguatan nilai karakter; layanan penguasaan konten; prestasi akademik mahasiswa;

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Tadjri, Imam. 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya.

Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Pres

Saputro. 2012. "Pegaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa". Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol. 10 No. 1. Hal 78-97.

Yulianingsih. 2015. "Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak". Jurnal Edukasi. Vol. 13. No. 2. Hal: 239-248.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302