STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 28 KOTA PONTIANAK

Authors

  • Kustini Handayani Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak
  • Hana Mauludea Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.6652

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi berkaitan dengan permasalahan mengenai pembelajaran yang belum maksimal dikarenakan kondisi kelas yang kurang aktif, keberagaman karakteristik peserta didik, serta kondisi kelas yang kurang kondusif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pengajaran melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk mengetahui kemampuan belajar peserta didik, agar dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik dan berdampak terhadap peningkatan hasil belajar. Penilitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi menjadi dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII Semester Ganjil di SMP Negeri 28 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 34 orang peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berrdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Handayani, K. and Mauludea, H. (2022) “STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 28 KOTA PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2). doi: 10.31571/sosial.v9i2.6652.