PERAN GURU DALAM MENDORONG INTERAKSI SOSIAL POSITIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JANGKANG KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Martina Nurlelawati Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak
  • Hana Mauludea Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak
  • Siswandi Siswandi Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6771

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk memastikan peran yang dimainkan pendidik dalam meningkatkan hubungan sosial yang konstruktif di kalangan siswa yang belajar IPS di SMP Negeri 1 Jangkang. Guru merupakan bagian integral dari proses pendidikan, pengajaran, dan pendampingan karena mereka memberikan teladan bagi siswa untuk menjadi orang yang bermoral tinggi. Pada dasarnya tujuan pendidikan IPS adalah untuk menginformasikan dan membekali siswa dengan keterampilan dasar yang diperlukannya untuk tumbuh menjadi individu yang sesuai dengan lingkungan, bakat, minat, dan kemampuannya. Interaksi sosial yang positif antara pengajar dan siswa akan mempengaruhi perkembangan anak-anak saat ini dan di masa depan, memungkinkan mereka untuk menjadi lebih terintegrasi tidak hanya dalam masyarakat tetapi juga dalam lingkungan yang lebih luas di luar sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hana Mauludea, Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosia

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Nurlelawati, M., Mauludea, H. and Siswandi, S. (2023) “PERAN GURU DALAM MENDORONG INTERAKSI SOSIAL POSITIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JANGKANG KABUPATEN SANGGAU”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 220–226. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6771.