PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Sahrandi Sahrandi Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak
  • Saiful Bahri Pasca Sarjana IPS, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712

Abstract

Kurikulum merdeka sangat berfokus pada pencapaian hasil belajar yang dilakukan secara nyata yaitu dengan pencapaian pada pengetahuan perilaku siswa, kemampuan siswa, dan hasil belajar siswa. Kurikulum merdeka memiliki sifat yang luwes dan fleksibel. Perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka belajar adalah terletak pada amanat pendekatannya. Pada kurikulum 2013 hal tersebut membawa amanat mengenai pendekatan berbasis sains atau pendekatan saintifik. Namun pada kurikulum merdeka akan memberikan amanat pada pendekatan berbasis pada projek. Guru sangat berperan dalam penerapan kebijakan merdeka belajar. Guru dapat berkontribusi secara kolaboratif dan efektif terhadap pengembangan kurikulum yang mengatur dan menyusun materi pembelajaran, buku teks, dan konten. Keterlibatan guru dalam proses pengembangan kurikulum penting dilakukan untuk menyelaraskan isi kurikulum dengan kebutuhan siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, yaitu penelitian hanya menggambarkan keadaan objek variabel yang diteliti tanpa perbandingan dan independensi.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sahrandi, S. and Bahri, S. (2023) “PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR ”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), pp. 100–108. doi: 10.31571/sosial.v10i1.6712.