PEWARISAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM UPACARA GAWAI DAYAK PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK BAKATI UNTUK MEINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 BENGKAYANG

Authors

  • Marsel Marselus Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak
  • Siswandi Siswandi Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak
  • Syafrial Nur Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6770

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran sosial siswa SMP Negeri 2 Bengkayang dengan mendeskripsikan pewarisan nilai-nilai kearifan tradisional dalam ritual Dayak Gawai pada kelompok suku Dayak Bakati. Upacara Dayak Gawai pada Masyarakat Suku Dayak Bakati mempunyai arti penting bagi penulis karena nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. ritual yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan untuk mempelajari budaya yang diturunkan dari nenek moyang. Pendekatan tinjauan literatur digunakan dalam penelitian semacam ini. Pendekatan tinjauan literatur merupakan suatu cara untuk mengumpulkan informasi mengenai isu-isu relevan dengan melihat melalui berbagai laporan, catatan, dan buku serta sumber perpustakaan lainnya. sumber data. Buku, makalah, dan sumber perpustakaan lainnya digunakan dalam proses tinjauan perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Marselus, M., Siswandi, S. and Nur, S. (2023) “PEWARISAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM UPACARA GAWAI DAYAK PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK BAKATI UNTUK MEINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 BENGKAYANG ”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 209–219. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6770.