UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PEER COUNSELING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PONTIANAK

Authors

  • Amelia Atika, Kamaruzzaman Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui peer counseling pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa . Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara, dan angket.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peer counseling efektif meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Peer Counseling.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Kamaruzzaman, A. A. (2016) “UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PEER COUNSELING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 121–130. doi: 10.31571/sosial.v2i2.99.