PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KAJIAN HISTORI

Penulis

  • firdaus UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pendidikan multikultural merupakan fenomena yang relatif baru. Dapat dikatakan bahwa pendidikan multikultural belum dikenal sebelum Perang Dunia II. Sebaliknya, pendidikan dijadikan sebagai alat politik untuk memperkuat kapasitas sistem pendidikan dalam memonopoli sekelompok orang tertentu. Menurut definisi lain, pendidikan antar budaya merupakan suatu konsep baru dalam masyarakat yang menekankan penghormatan terhadap semua orang, termasuk persamaan akses terhadap pendidikan. Dengan kata lain, karena kuatnya realitas budaya dan agama, maka pendidikan multikultural tidak dilakukan. Era reformasi menyoroti pentingnya pendidikan multikultural sebagai komponen kunci pembangunan nasional Indonesia.

Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Kajian Histori

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31 — Diperbaharui pada 2023-12-31

Cara Mengutip

firdaus (2023) “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KAJIAN HISTORI”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), hlm. 326–340. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6885.