PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR DI NANGA PINOH

Rindah Permatasari, M Akip

Abstract


Kesadaran belajar siswa Sekolah Dasar di Nanga Pinoh, Kalimantan Barat masih rendah. Hasil observasi memperlihatkan rerata tingkat keterampilan metakognisi siswa SD terletak pada level 1 atau at risk, yang berarti siswa belum mengarah pada keterampilan metakognisi (perencanaan, monitoring, dan evaluasi) dalam menyelesaikan masalah pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran IPA berbasis self-regulated learning yang layak dan menganalisis keterampilan metakognisi siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadopsi model 4D Thiagarajan. Populasi penelitian ini adalah siswa SD di Kota Nanga Pinoh dengan teknik cluster sampling berjenjang. Teknik dan instrument penelitian adalah non-tes dan menggunakan angket keterampilan metakognitif. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran sangat valid dengan interval skor penilaian antara 3-4 dan reliabilitas antara 95,3%-98,4%.  Keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik dengan interval skor penilaian antara 3,7-4 dengan rerata reliabilitas 96,5%. Rerata keterampilan metakognisi  pretest siswa diperoleh skor 3,28 dengan level 1 atau at risk dan meningkat menjadi 12,79 dengan level 4 atau ok pada posttest. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis Self-Regulated Learning dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa Sekolah Dasar di Nanga Pinoh, Kalimantan Barat.


Keywords


Pengembangan perangkat IPA; self-regulated learning; keterampilan metakognitif

Full Text:

PDF

References


Afianti, Ryza, Hartati, Sri, Sawitri, Dian Ratna. 2010. Hubungan antara Self-Regulated

Learning(SRL) dengan kemandirian pada siswa. Jurnal Pendidikan Undip, 1-19

Arends, Richad. 2007. Learning to Teach Edisi 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara Avci,Erduran., Dilek., Karaca, Dilek. 2012. “An Investigation of Students' Academic

Development, Views, and Feelings through Journals”. EURASIA Journal of Mathematics,Science & Technology Education, v8 n3 p177-188 Aug 2012

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007. Permendiknas RI No.41 Tahun 2007 Tentang

Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Caliskan, Muhittin., Sunbul, A.M. 2013. “The Effects of Learning Strategies Instruction on

Metacognitive Knowledge, Using Metacognitive Skills and Academic Achievement

(Primary Education Sixth Grade Turkish Course Sample”. Educational Sciences: Theory & Practice - 11(1) • Winter • 148-153

Campbell, Karen D. Y. 2013. “The Effects of Self-Regulated Learning on Community College Students' Metacognition and Achievement in Developmental Math Courses”. ProQuest LLC, Ph.D. Dissertation, Old Dominion University

Ibrahim. M. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasioanal

Imel, S. 2002. Metacognition Backgorud Brief from the QLRC New Summer2004. Online. (http://www.cete.org/acve/docs/tia.0017.pdf)

Green, R. 2002. Better Thinking Learning and Introduction to Cognitive Education.Online.

(http://www.curiculum.pgwe/gov.za/curr_dev/cur_home/better_think/indek.htm)

Jenkins, Janet, Sings. 2009. “The Effects of Explicit Self-Regulated Learning Strategy Instruction on Mathematics Achievement”. ProQuest LLC, Ph.D. Dissertation, The University of North Carolina at Charlotte

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan pembelejaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Latifah, Eva. 2010. Kajian Meta Analisis: Strategi Self-Regulated Learning dan Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi. Vol 37. No.1, 110-128

Lutfauziah, Asmaul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengaturan Diri (Self-Regulated Learning) Pada Biologi SMA Untuk Melatih Keterampilan Memecahkan Masalah

Nur, Mohammad. 2008. Teori Pembelajaran Sosial. Surabaya: PSMS

Ocak, Gurbus., Ahmet, Yamac. 2013. “Examination of the Relationships between Fifth Graders’ Self-Regulated Learning Strategies, Motivational Beliefs, Attitudes, and Achievement”. Educational Sciences: Theory & Practice - 13(1) • Winter • 380-387

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 104. 2014. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Retumanan, G.T dan Laurens, T. 2003. Evaluasi hasil yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press

Retumanan, G.T dan Laurens, T. 2011. Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Surabaya: Unesa University Press

Riduwan, 2010. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: alfabeta

Scoot, M. Briana. 2013. “Examining the domain-specificity of metacognition using academic domains and task-specific individual differences”. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology. Vol 13, 2013, pp. 28-43

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Pratik. Bandung: Nusa media

Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran. Salatiga: Stain Salatiga Press

Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, d. M. 1974. Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University

Undang-undang Republik Indonesia No.20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden

Republik Indonesia

Van, der Stel., Manita, Veenman, Marcel, V. J. 2013. “Metacognitive Skills and Intellectual Ability of Young Adolescents: A Longitudinal Study from a Developmental Perspective”. European Journal of Psychology of Education, v29 n1 p117-137 Mar 2014

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: Referansi




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


View Stats