ANALISIS DAN TINDAK LANJUT TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM FISIKA

Authors

  • Lia Angraeni, Handy Darmawan, Boisandi 1,2,3Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.488

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa pendidikan fisika terhadap kualitas pelayanan laboratorium fisika, faktor-faktor yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium fisika, dan tindak lanjut terhadap peningkatan kualitas pelayanan laboratorium fisika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan tindak lanjut. Penelitian dilaksanakan di IKIP PGRI Pontianak pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang berjumlah 93 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan laboratorium fisika yang ada di Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata bobot keseluruhan indikator sebesar 3,50;  (2) faktor-faktor yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Laboratorium Fisika IKIP PGRI Pontianak adalah tangibles (sarana dan prasarana laboratorium), reliability (kehandalan), responsiveness (sikap tanggap) dan empathy (pemahaman); dan  (3) tindak lanjut terhadap peningkatan kualitas pelayanan Laboratorium Fisika IKIP PGRI Pontianak adalah dengan membuat rencana kerja dan memonitoring secara rutin kegiatan praktikum sebelum, selama, dan setelah berlangsung serta lebih mengawasi kerja staf laboratorium dan cleaning service untuk menciptakan suasana laboratorium fisika yang bersih, ramah, dan menyenangkan.

Kata Kunci: kepuasan, kualitas, pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Boisandi, L. A. H. D. (2017). ANALISIS DAN TINDAK LANJUT TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM FISIKA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 72–82. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.488