PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, LINGKUNGAN, GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Erni Fatmawati Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.5

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi; (2) pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, dan motivasi masing-masing terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah Ex-Post Facto dengan jumlah sampel 159 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pola asuh orang tua pada kategori sangat tinggi; lingkungan pada kategori tinggi; gaya belajar pada kategori cukup; motivasi pada kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 12,1%; lingkungan terhadap prestasi belajar sebesar 31,6%; gaya belajar terhadap prestasi belajar sebesar 23,2%; motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 16,9%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 51,4%.

 

Kata kunci:  pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi, dan prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Fatmawati, E. (2016). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, LINGKUNGAN, GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.5