Focus and Scope

Focus and Scope

Jurnal ini menerima artikel yang berfokus pada penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan. Topik yang dibahas mencakup namun tidak terbatas pada:

  1. Strategi dan Metode Pembelajaran:

    • Inovasi dalam pendekatan pengajaran.
    • Penerapan metode pembelajaran aktif, kolaboratif, atau berbasis teknologi.
    • Penggunaan media dan sumber belajar yang kreatif.
  2. Pengembangan Kompetensi Guru:

    • Refleksi guru dalam proses pembelajaran.
    • Pengembangan profesional melalui penelitian tindakan.
  3. Peningkatan Hasil Belajar Siswa:

    • Pendekatan berbasis evaluasi dan asesmen.
    • Strategi meningkatkan motivasi, partisipasi, dan keterlibatan siswa dalam belajar.
  4. Pengelolaan Kelas:

    • Pengendalian perilaku siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
    • Penerapan manajemen waktu dan sumber daya dalam pembelajaran.
  5. Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran:

    • Integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses belajar-mengajar.
    • Penelitian tindakan berbasis e-learning, blended learning, atau flipped classroom.
  6. Penanganan Permasalahan Khusus dalam Pembelajaran:

    • Strategi untuk siswa berkebutuhan khusus.
    • Solusi untuk kesenjangan belajar atau ketidakmerataan kompetensi.
  7. Inovasi Pembelajaran Multidisiplin:

    • Pendekatan interdisipliner dalam penelitian tindakan.
    • Integrasi bidang ilmu seperti sains, seni, dan budaya dalam pembelajaran.

Kontribusi yang Diharapkan

Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini harus memberikan kontribusi praktis bagi guru, pendidik, dan pemangku kebijakan dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan praktik pengajaran berbasis penelitian tindakan.