Peer Review Process

Peer Review Process untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  1. Submission Check

    • Semua naskah yang dikirimkan diperiksa terlebih dahulu oleh editor untuk memastikan kesesuaian dengan Focus and Scope jurnal serta kelengkapan dokumen.
    • Artikel yang tidak sesuai akan dikembalikan kepada penulis tanpa melalui proses review lebih lanjut.
  2. Initial Screening oleh Editor

    • Editor melakukan evaluasi awal untuk memeriksa orisinalitas (menggunakan perangkat antiplagiarisme), relevansi, dan kualitas struktur artikel.
    • Artikel yang memenuhi kriteria awal diteruskan ke reviewer.
  3. Proses Review (Double-Blind Peer Review)

    • Artikel akan direview oleh minimal dua reviewer independen menggunakan sistem double-blind, di mana identitas penulis dan reviewer dirahasiakan.
    • Reviewer menilai artikel berdasarkan:
      • Konstruksi metodologi penelitian tindakan kelas.
      • Relevansi dengan isu-isu pendidikan praktis.
      • Validitas hasil penelitian dalam konteks kelas.
      • Kejelasan analisis dan interpretasi data.
      • Implikasi terhadap peningkatan pembelajaran di kelas.
  4. Evaluasi Reviewer
    Reviewer memberikan salah satu rekomendasi berikut:

    • Accept without revisions: Artikel diterima tanpa perubahan.
    • Minor revisions required: Artikel membutuhkan perubahan kecil sebelum diterima.
    • Major revisions required: Artikel membutuhkan revisi substansial dan harus dikirim ulang untuk review ulang.
    • Reject: Artikel tidak dapat diterima untuk publikasi.
  5. Revisi oleh Penulis

    • Jika revisi diminta, penulis memiliki waktu tertentu (biasanya 2-4 minggu) untuk memperbaiki naskah berdasarkan masukan reviewer.
    • Artikel yang direvisi akan diperiksa ulang oleh editor atau reviewer.
  6. Keputusan Akhir oleh Editor

    • Editor membuat keputusan akhir berdasarkan rekomendasi reviewer dan revisi yang telah dilakukan.
    • Artikel yang diterima akan masuk ke antrean untuk diterbitkan pada edisi berikutnya.
  7. Proofreading dan Layouting

    • Artikel yang diterima akan melalui proses proofreading dan layouting. Penulis diberi kesempatan untuk memeriksa hasil akhir sebelum publikasi.
  8. Publikasi

    • Artikel diterbitkan dalam format online atau cetak, tergantung pada kebijakan jurnal.

Timeline Proses Peer Review

  • Submission to initial decision: 1-2 minggu.
  • Review process: 4-6 minggu.
  • Revisions and final decision: 2-4 minggu.
  • Total time to publication: 8-12 minggu (tergantung revisi).

Kriteria Reviewer untuk PTK

  • Reviewer adalah akademisi atau praktisi yang berpengalaman dalam penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran, atau manajemen kelas.
  • Reviewer memiliki publikasi terkait atau pengalaman mengelola jurnal pendidikan.